Berita Terbaru

Menyalakan Lampu Dengan Gerakan Tangan Part 1

Nah pada sesi belajar arduino kali ini kita akan belajar tentang bagaimana menyalakan lampu dengan gerakan tangan.

Jadi hanya dengan kalian menggerakkan tangan ke arah tertentu atau kombinasi gerakan, kalian bisa menyalakan tidak hanya lampu, bahkan semua peralatan listrik ataupun mengaktifkan suatu fungsi lain pada perangkat elektronika atau mikrokontroller.

Fitur seperti ini sering kali kita bisa lihat pada film film modern tentang masa depan. Seperti membuka pintu hanya dengan gerakan tangan, menyalakan lampu kamar, bahkan menyalakan komputer hologram dengan hanya menggerakkan telapak tangan kita di depan layar nya.

Sekarang kita akan buat sesuatu yang mirip dengan alat alat yang ada di film tersebut. Namun untuk mempermudah pembelajaran, artikel ini akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Belajar mendeteksi gerakan tangan
  2. Belajar menyalakan lampu dengan Rangkaian sesi pertama

Jika sesi pertama ini kalian sudah selesai melakukan nya dengan benar dan sukses, silahkan untuk lanjut ke sesi kedua.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  1. Arduino Uno (klik untuk beli)
  2. Kabel Jumper male female
  3. Proto shield / Breadboard
  4. Lampu LED (sebagai simulasi)
  5. Resistor 220 Ohm
  6. 3D Gesture Sensor

Gambar Rangkaian

Nah kalau kalian sudah punya semuanya itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah merangkai semua alat dan bahan yang sudah tersedia. Kalian bisa mengikuti gambar rangkaian berikut sebagaireferensi jika menggunakan coding atau program yang sudah disediakan dibagian bawah artikel ini. Namun jika kalian ingin menggunakan pin lain kalian bisa memodifikasi coding atau library yang diperlukan dalam project ini.

Seperti kalian perhatikan pada rangkaian diatas, dalam tahap ujicoba pertama kita akan belajar bagaimana mendeteksi pergerakan tangan kita dan menampilkannya ke layar monitor melalui serial monitor arduino.

Baca juga  Membuat Stop Keran Otomatis

Program Arduino / Code

Jika kalian menggunakan rangkaian yang sudah disediakan, kalian bisa langsung mengcopy coding dibawah ini ke software arduino kalian. Tapi perlu diperhatikan, sebelum melakukan uploading coding ke arduino, library yang diperlukan untuk sensor 3D Gesture harus sudah ter copy ke dalam folder library arduino agar coding tidak error saat di compile ataupun di upload. Library yang diperlukan ada pada akhir artikel ini.

Baca juga  Saklar Wireless

Download Library Arduino

Download Library

Improvisasi

Setelah kalian berhasil merangkai rangkaian pada postingan ini silahkan upload coding nya dan buka jendela serial monitor, lalu perhatikan input yang didapat pada jendela serial monitor saat kalian menggerakkan tangan di atas sensor tersebut. Jika rangkaian kalian sesuai dengan program yang dibuat, maka akan muncul tulisan RIGHT, LEFT, UP dan DOWN sesuai dengan gerakan yang kalian lakukan diatas sensor tersebut.

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana menyalakan beberapa buah lampu LED hanya dengan sedikit modifikasi coding atau program yang sudah berhasil tadi. Kalian juga bisa belajar langsung dengan melihat video yang telah saya siapkan berikut ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Led Matrix PanjeRino
views 1321
Setelah minggu lalu selesai membuat sebuah cloningan sebuah arduino yang sudah support dengan usb yang memang saya buat untuk menggantikan saudaranya ...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Menyalakan Lampu Dengan Gerakan Tangan Part 2

Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelum nya dengan topik yang sama yaitu menyalakan lampu dengan …

Tinggalkan Balasan