Bootloader. kata kata itu seringkali kita dengar kalau berurusan dengan mikrokontroller khususnya arduino. IC atmega8, atmega168 dan atmega328 (yang biasa saya pakai) kalau tanpa bootloader bukan arduino namanya. Bootloader adalah file kecil yang di benamkan ke memory flash mikrokontroller bersangkutan yang fungsinya adalah sama seperti sistem operasi, dibutuhkan untuk membantu proses kerja dari sistem yang lain. dalam hal ini proses tersebut adalah masukknya  program melalui jalur komunikasi rx/tx ke memory flash mikrokontroller. disinilah peran penting sebuah bootloader.

Biasanya kita kalau ingin memprogram sebuah ic mikrokontroller harus menggunakan sebuah downloader. pada Ic AvR biasanya alat downloader yang saya gunakan adalah usbasp ataupun usbtinyisp. Kedua jenis downloader ic tersebut sama sama bekerja dengan memanfaatkan jalus isp sehingga setidaknya memerlukan minimal 4 buah jalur komunikasi diluar dari power supply itu sendiri. Namun pada arduino yang ic atmega nya telah tertanam sebuah bootloader, untuk memprogram ic tersebut kita tidak usah repot lagi menghubungkan 4 kabel jalur isp tersebut. Kenapa demikian? ya karena ic yang sudah tertanam bootloader tersebut sudah mampu membaca komunikasi secara serial untuk menuliskan program ke memory flashnya dengan jalur rx/tx tersebut.

Bagi sebagian orang yang baru mengenal bootloader tentunya masih bingung bagaimana cara untuk menanamkan sebuah file bootloader kedalam ic atmega agar dapat berfungsi sebagai arduino. Dibawah ini saya sudah merancang sebuah alat yang dapat membootloader sebuah ic atmega kosong sehingga dapat bekerja seperti arduino yaitu diprogram melalui jalur rx/tx. ya jadi untuk membuat sebuah arduino yang bisa diprogram seperti itu kamu harus bisa membootloader nya dulu dong. dengan alat saya ini kamu dengan mudah bisa melakukan nya. yuk kita lihat foto design nya dan sedikit tutorial bootloader saya dibawah ini.

Baca juga  Creating Counter Up – Counter down Circuit

Alat yang saya buat ini berbasiskan usbasp seperti layaknya downloader biasa namun disini saya telah menambahkan langsung socket ic yang dapat dilepas sehingga mempermudah dalam proses pengisian bootloader dan langsung dapat menggunakan ic tersebut.

Cara Cepat Bootloader Arduino

15 gagasan untuk “Cara Cepat Bootloader Arduino

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.