Cara menyolder LED SMD super kecil

Back to Blog

Cara menyolder LED SMD super kecil

Menyolder merukapan hal biasa buat kamu yang memang bergelut dibidang elektronika dan listrik. Saya sendiri hampir tiap hari menyolder dari kaki komponen yang besar besar sampai kaki komponen yang kecil kecil. Cara menyolder merupakan suatu kunci dimana nantinya akan menentukan bagus tidaknya hasil solderan akhir kamu.

Disini saya akan menceritakan cara saya menyolder beberapa buah LED SMD dengan hanya menggunakan solder biasa. Untuk para master solder yang merasa tutorial saya kurang tepat atau ada yang lebih tepat saya mohon bimbingan nya.

Saya tekan kan di tulisan atas tadi dengan menggunakan solder biasa, karena beberapa orang yang bertanya kepada saya mengatakan bahwa saya pastilah menggunakan solder uap untuk memasang LED SMD atau komponen komponen kecil lainnya. Seperti misalkan sebuah panjerino net ngenet yang menggunakan IC wiznet terbilang cukup rapat dan kecil kakinya saya masih menggunakan solder biasa. Solder uap hanya saya gunakan bila akan melepas komponen atau IC yang kakinya kecil tersebut.

Dalam menyolder led, yang perlu diperhatikan adalah posisi led dan suhu solder harus benar benar pas. Ukuran nya yang kecil membuat kita mungkin agak kesusahan meletakkan LED tersebut sambil menyoldernya. Cara menyolder saya yang mudah adalah dengan bantuan sebuah pinset dengan ujung tipis dan runcing. Jika kamu mempunyai solder 40Watt saya sarankan jangan terlalu lama menempelkan mata solder ke kaki led karena panas led yang berlebih akan merusak led tersebut. Seperti pada video saya dibwah ini, saya hanya menempelkan sesaat saja hanya memastikan timah sudah terhubung antara led dan pcb.

Baca juga  Cara Download di duwiarsana.com

Share this post

Comments (2)

  • uciha_crew Reply

    asli Bli nyolder SMD lebih enak pake solder biasa.. klo pake solder uap malah suka terbang2 tuh komponennya kena tiup.. wkwkwk

    23 September 2013 at 22.17

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog