Halo teman teman, kembali lagi nih saya mau share sebuuah project sederhana menggunakan board arduino.

Alat yang akan kita buat kali ini adalah :

Detektor Gas Bocor Dengan SMS

Alat yang akan kita buat disini mampu mendeteksi adanya gas bocor disekitar sensor dan menampilkannya pada layar lcd serta mampu menginformasikannya kepada kita melalui media pesan singkat (SMS).

Peralatan atau komponen apa saja yang diperlukan dalam pembuatan project ini? Komponen tersebut adalah :

  • Board Arduino
  • LCD 16X2
  • Sensor Gas
  • Modul GSM (sim900 atau sim800)
  • Kabel Jumper

Dari semua komponen yang terbilang mudah didapat tersebut maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah merangkainya dengan menggunakan kabel jumper.

Komponen yang pertama harus kita sambung adalah LCD, dengan menghubungkan ke arduino pada pin 4,2,3,7,8,9. Kenapa kita pakai pin itu? karena coding yang akan saya share disini menggunakan konfigurasi seperti itu. Jika kamu ingin mengubahnya ke urutan pin yang berbeda kamu tinggal mengubah juga pengaturan pin pada coding yang akan dipakai nanti.

Setelah lcd terhubung selanjutnya pasangkan sensor gas pada pin analog 0. Sebelum kita membuat alat ini, ada baiknya kamu mencoba atau mengetes sensor yang akan digunakan dengan menggunakan coding standar pembacaan nilai ADC pada arduino.

Dan terakhir adalah pemasangan modul GSM. Walau tampaknya rumit, tapi modul gsm dadlam penyambungan kabelnya hanya memerlukan 4 buah kabel saja, yaitu vcc, gnd, tx dan rx saja. Tentunya dalam menghubungkan ke arduino kamu harus menghubungkan jalur komunikasinya (rx dan tx) dalam kondisi silang. Maksudnya adalah tx gsm bertemu dengan rx arduino, begitu juga dengan rx gsm bertemu dengan tx arduino sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan lancar.

Baca juga  Menyalakan Peralatan Listrik dengan SMS

Karena sederhana nya rangkaian ini kamu bisa melihat komfigurasi pin yang digunakan pada coding yang bisa kamu download gratis dibawah ini. Alat ini dapat kamu modifikasi pada penerapan sensor apapun dan juga dengan pesan sms yang kamu bisa ubah sendiri tentunya.

Dalam coding yang dibagikan, alat ini akan mengsms saat dinyalakan pertama kali serta akan mengirimkan sms jika kadar gas yang terdeteksi mencapai 60 persen atau lebih. Batas ini kamu dapat ubah sendiri pada coding yang disediakan. Selain itu jika kamu kirimkan pesan “lapor” ke alat ini maka kamu akan mendapatkan balasan berupa sms nilai persentase kadar gas yang terbaca saat itu seperti pada video youtube yang sudah saya buat.

Jangan lupa setelah kamu download coding lengkapnya, kamu harus lengkapi library arduino kamu sesuai dengan file header yang dipakai.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.youtube.com/watch?v=gTLl5QBlQoI” icon=”” target=”false”]ALARM KEBAKARAN SEDERHANA[/button]

[sociallocker id=2480]

[button color=”blue” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/nvru4xsr20vw3k4/order_gas.ino?dl=0″ icon=”” target=”true”]DOWNLOAD CODING[/button]

[/sociallocker]

Detektor Gas Bocor Dengan SMS

4 gagasan untuk “Detektor Gas Bocor Dengan SMS

  • 29 Juni 2016 pukul 02.45
    Permalink

    wah codingnya error, gk bisa di upload bli, PHP bli, hihihi

    Balas
    • 1 Juli 2016 pukul 15.15
      Permalink

      PHP gimana? saya rasa pasti mas nya belum update library yang diperlukan ya? coding yang saya posting disini adalah coding yang saya pakai di video

      Balas
      • 27 Juli 2016 pukul 21.47
        Permalink

        exit status 1
        no matching function for call to ‘SMSGSM::GetSMS(int, char&, char&, int)’

        kodingya ngga berhasil mas dwi

        Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.