Gratis Merakit Led Matrix Display

on
Categories: Software, Tutorial

Nah kalau kamu punya arduino sebenarnya akan lebih menantang lagi kalau kita pakai arduino itu untuk menyalakan led matrix yang kita punya. Kalau kita pakai arduino, ada banyak project mikrokontroller yang bisa nantiya kita integrasikan dengan display LED. Seperti contohnya :

  • Jam digital dengan tangal
  • Jam sholat
  • Informasi yang dinamis
  • Realtime twitter reader
  • dan masih banyak lagi

Dulu saya penah membuat sebuah display yang bisa menampilkan suhu ruangan. Suhu ruangan tersebut diambil dari proses pembacaan mikrokontroler ke sensor suhu yang terpasang. Selain hanya menampilkan suhu, juga bisa langsung mengirimkan sms ke pemilik rumah bilamana suhu yang dibaca tersebut melebihi dari yang telah ditentukan dan disimpan pada memory mikrokontroler tersebut nih. Video nya bisa kamu cek di bawah, uda lama jadi agak kurang bagus kualitas video nya. Disana coba deh kamu lihat, led kontroler yang saya pakai bukan buatan pabrik tapi sebuah led kontroler yang saya buat sendiri. Dapat di seting suhu nya, bisa menampilkan suhu dan juga bisa mengirimkan sms secara langsung dengan bantuan modem wavecom disana.

bagaimana cara membuatnya? apa harus kamu membuat layout seperti alat saya yang ada di video itu? Beberapa artikel yang pernah saya buat dan beberapa video yang pernah saya buat mengenai perakitan LED matrix dengan arduino saya buat menggunakan panjerino, yaitu arduino buatan duwi arsana. Yah bisa diilang arduino versi duwiarsana.com nya lah. Ditambah dengan alat yaitu konversi jumper yang juga saya buat kgusus untuk panjerino kamu sudah bisa langsung menampilkan tulisan dan menggabungkannya dengan menggunakan beberapa sensor input output atau bahkan kamu integrasikan dengan komputer dan aplikasi desktop yang kamu buat di komputer.

Baca juga  Membuat Line Follower Sederhana

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.youtube.com/watch?v=E5R1f5GUcMM” icon=”” target=”false”]Cara_merakit_LED_matrix_Panjerino_Disini[/button]

Untuk kamu yang mau mainan mikrokontroler dan led matrix, perangkat seperti yang ada di video itu sudah sangat cukup untuk dapat dikembangkan ke project yang memerlukan display led matrix lainnya. Panjang display tidak hanya terbatas segitu saja, saya sudah mengujinya sampai panjang sekitar 2 meter an.

Tapi kalau kamu masih sangat awam dengan dunia coding mengkoding saya sarankan jika memang tertarik untuk membuat sebuah LED matrix kamu lebih baik menggunakan kontroler yang dari pabrikan. Karena ada beberapa teman yang pesan panjerino untuk led matrix tapi kesusahan dalam proses memasukkan koding nya karena belum pernah mengambil bidang itu sebelumnya. Berbeda jika kamu menggunakan led kontroler pabrikan, kita sudah ditawarkan kemudahan hanya tinggal klik klik tombol saja seperti membuat presentasi di power point.

[button color=”green” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/gratis-merakit-led-matrix-display/3/” icon=”” target=”false”]LED_Kontroler_gratis_buat_kamu[/button]