mau belajar mikrokontroller, banyak sekali ada kit kit mikrokontroller yang dijual di pasaran dan berbagai macam rupa nya. Salah satu kit mikrokontroller itu adalah arduino, kit mikrokontroller yang berasal dari italy. Arduino merupakan salah satu kit mikrokontroller yang sedang ramai digunakan karena kemudahan nya dan banyaknya referensi di internet. Duwiarsana.com pun pernah memposting membuat arduino sendiri disini untuk dapat mempelajari mikrokontroller dengan kit murah buatan sendiri.

Dengan adanya kit tersebut tentunya kita dapat membuat program dan menguploadnya langsung ke dalam mikrokontroller yang terpasang. Namun untuk masalah dengan pemasangan sensor maupun beberapa komponen pendukung dasar seperti LED, BUZZER dan lainnya yang digunakan sebagai indikator maupun display tentunya akan sangat merepotkan jika setiap akan melakukan percobaan kecil harus merakit terlebih dahulu beberapa komponen dan menghubungkannya dengan kabel ke kit mikrokontroller tersebut.

Dengan adanya masalah itu maka terwujudlah sebuah kit belajar mikrokontroller. Kit ini saya beri nama kit melajah mikro yang dalam bahasa indonesia berarti kit belajar mikro. Kit ini sebenarnya saya buat untuk kepentingan belajar teman teman UKM robotika di Politeknik Negeri Bali dalam pembelajaran awal dalam mikrokontroller berbasis arduino. Namun untuk kamu yang ingin menggunakannya juga saya persilahkan.

Dalam kit melajah mikro ini sudah terdapat sebuah LCD 16X2 yang dapat digunakan sebagai display hasil proses maupun hanya sebagai debug saja. dengan dua buah sensor analog yaitu LDR sebagai pendeteksi cahaya dan LM35  sebagai sensor suhu, tentunya alat ini langsung dapat digunakan sebagai simulasi kendali peralatan listrik berdasarkan dua parameter tersebut tanpa repot untuk menghubungkannya lagi. Terdapat juga lima buah tombol momentary switch dengan lima indikator digitalnya berupa led yang dapat kamu gunakan untuk menu maupun seleksi program dalam keperluan tertentu nantinya. Buzzer terdapat dibawah lcd yang bisa dipakai sebagai alarm kondisi tertentu dari proses yang dibuat dalam simulasi.

Baca juga  Project Smart Home Android Arduino

Alat ini dapat kamu gunakan layaknya arduino biasa dengan pengaturan pin pin yang mengacu pada design alat ini sendiri. Jika kamu mungkin kesulitan untuk membuat kit melajah mikro ini atau kamu tidak memungkinkan untuk membeli alat ini, kamu pun masih bisa memakai simulasi yang telah saya buatkan disini.

Kit Melajah Mikro dari Bali

6 gagasan untuk “Kit Melajah Mikro dari Bali

  • 27 Oktober 2012 pukul 08.25
    Permalink

    Beli Duwi Arsana, saya mau tanya ni. Kira2 Bisa atau tidak ya sebuah arduino terhubung dengan HSDPA GSM modem untuk menerima data dari sebuah webserver, yang selanjutnya data tersebut dipakai untuk update informasi pada running text???

    Balas
    • 28 Oktober 2012 pukul 03.02
      Permalink

      bisa aja. kalo ga salah sim900 uda bisa dipakai gprs untuk client server bisa langsunbg dikirimin data untuk apapun. saya belum coba karna belum pernah punya barang nya 🙂

      Balas
    • 28 Oktober 2012 pukul 03.10
      Permalink

      jadi nanti rencananya interfacenya hanya komponen running text yang terhubung dengan arduino, dan arduino dengan shield sim900nya mendapat data dari webservernya kemudian d tampilkan di komponen running textnya.
      Oke Terima kasih Bli, smoga blog duwiarsana makin sukses dan makin bermanfaat buat yg lainnya khususnya yang ingin mendalami mikro kontroller 🙂

      Balas
    • 28 Oktober 2012 pukul 03.32
      Permalink

      yup bener.. coba dilirik lirik dulu sim900 nya.. bisa dipakai untuk komunikasi data kok cuma harga nya itu lo hehehe.. sip trimakasih nih 🙂

      Balas
    • 28 Oktober 2012 pukul 04.03
      Permalink

      hehehehe, iya harganya bikin tenggorokan yang tadinya sehat tiba2 Serakkk untuk kantong pelajar.. wkwkwkwkwkwkw

      Okelah kalo begitu, terima kasih beli. nanti jika ada yang mau saya tanyakan lagi gak apa kan beli?? hehehehe..

      Balas
  • 29 Oktober 2012 pukul 18.54
    Permalink

    wahhhh pada hebat hebat nih mas mas disini , mas duwi bisa bantuin saya donk , mau buat converter dari lcd panel ( laptop /notebook) ke vga (pc standart) bisa gak ya mas ????kalo bisa bisa diinfokan alat n bahan apa aja yg saya perlukan dan skematik nya , atau mas bisa buatin buat saya , soale secara saya newbie banget di microkontroler nih pengenn asli banget pengen bisa cuman bingung mulai dari mana nih hiksssssss

    Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.