Membuat layout PCB pada lembaran papan pcb tidaklah terlalu sulit, namun permasalahan yang sering kita hadapi dalam proses transfer gambar layout ke tembaga pcb adalah tidak sempurnanya gambar layout menempel pada lembaran pcb. ada juga beberapa kasus layout menjadi menempel satu sama lain padahal jaraknya sudah cukup jauh.

dalam artikel saya Cara Mudah membuat PCB saya menerangkan teknik membuat pcb dengan menggunakan kertas trasfer atau saya menyebutnya art paper. dalam proses transfer gambar layout menggunakan kertas ini, tidak jarang kita mengalami masalah menempelnya lapisan lapisan kertas yang kita tidak kehendaki di sekitar jalur layout. hal ini jika kita teruskan ke proses pelarutan tentunya akan membuat jalur menjadi terhubung yang sebelumnya memang kita tidak kehendaki terhubung.

Nah bagaimana mengatasi hal tersebut agar hasil pcb yang kita buat menjadi bagus dan tidak terhubung dengan jalur yang tidak seharusnya? diatas itu adalah foto salah satu produk duwi arsana yaitu jadisu, bisa dilihat hasil jadi nya pada artikel “Jam Digital Thermostat” Dari foto diatas kita lihat jalur tertutup kertas trasfer, hasil diatas tersebut sudah melalui proses pembersihan sehingga hasil dari pcb diatas bisa kamu lihat di “Jam Digital Thermostat” jalur yang tetap tipis dan tidak terputus.

Bagaimana cara nya? saat setelah pelepasan kertas transfer dan masih adanya sisa kertas yang menempel, kamu langsung saja dapat membersihkan nya dengan cara mengusap bagian kertas menempel yang tidak diinginkan dengan menggunakan ujung jari, tapi ingat, langkah ini hanya boleh dilakukan dalam keadaan pcb masih terendam air. hal ini bertujuan agar sisa kertas itu tetap empuk dan rapuh sehingga memudahkan kamu melepas nya hanya dengan ujapan jari dan setelah proses etching jadilah pcb yang bersih dan jalur yang tipis. sekian tips dari duwi arsana.

Layout Transfer Paper
Baca juga  Sensor Suhu dan Kelembaban

5 gagasan untuk “Layout Transfer Paper

  • 17 Juni 2012 pukul 21.29
    Permalink

    Mas Duwi… Salam kenal. Saya Aulia. Saya boleh minta e-mail nya ga mas? Soalnya saya mau tanya2 tentang charger laptop saya yang rusak. Kali2 mas nya bisa benerin. Saya udah mention mas duwi di twitter tapi ga di bales TToTT. Maaf kalau saya kurang sopan. Makasih.

    Balas
  • 17 Juni 2012 pukul 23.59
    Permalink

    Saya udah kirim ke emailnya. Masuk ga? Soalnya kirimnya lewat hp *mandang miris ke arah laptop*. Makasih.

    Balas
  • Pingback:low vitamin d

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.