Berita Terbaru

Membuat Genset Otomatis

Ada sebuah perusahaan yang banyak sekali punya cabang. Nah setiap cabang perusahaan nya itu memiliki sebuah genset yang digunakan sebagai backup listrik saat terjadi pemadaman listrik yang tidak terduga.

Setiap genset yang dipasang di masing masing cabang perusahaan adalah sebuah genset yang baru, namun karena jarang sekali terjadi pemadaman listrik dan juga tidak ada yang menghiraukan genset tersebut untuk dilakukan nya maintenance berkala seperti pemanasan mesin yang dilakukan setiap hari, membuat banyak genset menjadi rusak dan susah untuk dinyalakan.

Nah itu cerita dari seorang teman yang mampir ke toko saya untuk memesan sebuah alat yang bisa menyalakan genset untuk sekedar panasin mesin secara otomatis, dan juga bisa mendeteksi jika terjadi pemadaman listrik mampu menyalakan genset secara otomatis serta melakukan switch tegangan dari pln ke sumber genset.

Nah sebenar nya alat nya uda jadi 2 minggu lalu tapi baru sekarang saya bisa bikinin video nya. Tapi untuk fungsi otomatis menyala saat padam nya listrik pln belum saya buatkan karena belum dirangkai nya sensor serta kabel ke pln dengan bantuan kontaktor 😀

Alat ini saya buat dengan menggunakan alat yang sama seperti pada video dibawah ini.

Alat nya sama persis, saya hanya melakukan penambahan beberapa buah relay yang berfungsi untuk menyalakan kunci kontak serta me-starter motor untuk menyalakan mesin saja.

Fungsi timer saya menggunakan logika alarm jam digital biasa saja. seperti pada produk saya alarm cinta. jika waktu yang dibaca melebihi dari start alarm ditambah dengan durasi menyala maka mesin akan mati. nah untuk start mesin nya, jika waktu yang dibaca sama dengan waktu yang disimpan maka pertama lakukan penyalaan kunci kontak, lalu selanjutnya menyalakan mesin. seperti itu logika nya.

Baca juga  Timer Delphi Mikrokontroller

Untuk lebih lanjutnya kamu bisa cek video ujicobanya berikut ini.

[fblike]

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Mau Bikin Sepeda Listrik Ngebut

Ide untuk membuat sepeda listrik yang bisa lari ngebut seperti sepeda motor sebenarnya sudah dari …

2 komentar

  1. mas duwi
    kalau saya pesan juga bisa nggak ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.