Berita Terbaru
Beranda » Mikrokontroller » Rangkaian Saklar SMS dan Android Baru

Rangkaian Saklar SMS dan Android Baru

Halo temen temen, dah lama sekali ga update berita tentang perkembangan project saklar sms nih.

Sebelum sebelum nya saya udah pernah buat sebuah project saklar android, yang artinya kita dapat menyalakan peralatan listrik dengan bantuan handphone android dan aplikasi khusus yang uda saya buat. Nah selain itu saya bikin juga saklar wireless yang dapat mematikan dan menyalakan peralatan listrik menggunakan remote tv. Bahkan ada juga produk yang saya buat yaitu penggabungan dua fungsi saklar android dan remote tv menjadi satu.

Alat yang sedikit lebih keren lagi yaitu saklar sms 3 channel yang saya buat pcb nya secara menual. Kita bisa menyalakan peralatan listrik dan juga mematikan nya hanya dengan menggunakan pesan singkat atau sms saja. Selain itu alat saklar sms itu dapat membalas sms secara otomatis ketika peralatan listrik sudah dinyalakan atau dimatikan.

Nah belakangan ini populer juga di orderan duwiarsana.com sebuah project keamanan rumah dengan sensor magnetic switch dan juga sensor gerak yang dapat menginformasikan melalui sms jika ada pintu yang dibuka atau bergerak dalam ruangan yang kita pasangi alat.

Nah sesuai dengan judul nya, Rangkaian Saklar SMS dan Android Baru, saya bikin ulang design pcb yang akan menggabungkan semua fungsi diatas dalam satu pcb.

Alat nya nanti saya batasi hanya 4 relay saja, karena ini bersifat project pembelajaran. Saya juga sudah menyediakan 2 pasang terminal screw yang kamu bisa pasangkan sensor pintu untuk mendeteksi pintu tersebut dibuka atau tertutup. Jadi selain bisa mengontrol, nantinya alat ini bisa kamu gunakan juga untuk monitoring atau bisa juga sebagai security sistem berbasis sms.

Fungsi saklar sms masih seperti biasa dan juga ada konektor 3 pin untuk sensor gerak yang bisa kita gunakan sebagai monitoring pergerakan dengan menggunakan sensor PIR. Bluetooth pun masing bisa dipasang, karena saya juga sudah menyiapkan header atau konektor bluetooth nya.

Baca juga  Ini cara Copy Mikrokontroller

Untuk project yang lama saya yaitu saklar android kamu bisa cek pada video dibawah ini.

Nah untuk aplikasi android yang saya gunakan dalam video itu saya buat menggunakan software android studio. Kamu bisa download langsung aplikasi yang saya buat tersebut pada tombol dibawah ini.

[appbox googleplay com.arduino.led] [fblike]

Kalau project saklar sms nya kamu bisa cek video ujicoba nya dibawah ini. Pcb nya saya masih cetak secara manual.

Nah kalau penggabungan project tersebut pcb nya saya saya gambar dengan menggunakan software eagle pcb. Saat saya menulis artikel ini pcb masih dalam tahap pabrikasi di cina mungkin sekitar 4 hari dari sekarang pcb nya sudah jadi dan kamu bisa pesan untuk bisa digunakan belajar membuat menyolder sendiri mungkin? atau kamu juga bisa membeli alat yang sudah jadi.

Project ini selain kamu bisa pakai untuk pembelajaran, rangkaian dasar nya kamu juga bisa gunakan untuk tugas sekolah kamu bahkan digunakan untuk tugas akhir atau skripsi dengan melakukan penambahan sesuai dengan keperluan dan kreasi pengembangan dari kamu sendiri.

Untuk produk jadinya ditunggu aja ya di link https://duwiarsana.com/toko

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Memperbaiki Speaker Bluetooth Mati Total

Jaman sekarang sudah jaman nya speaker aktif bluetooth. Udah ga jaman lagi speaker dengan aplifier …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.