Waktu itu saya menerima sebuah service an power supply sebuah tv led.

Tidak dengan tv tidak juga dengan mesin tv nya, hanya sebuah power supply saja dengan kondisi yang mati total.

untuk dapat memperbaiki sebuah power supply, hal yang terpenting disini adalah skill atau keterampilan dalam menentukan letak kerusakan, olehkarena itu kita juga dituntut untuk mahir menggunakan sebuah alat ukur.

Minimal jika kamu mau memperbaiki sebuah power supply seperti artikel yang saya buat disini, kamu harus punya yang namanya sebuah alat ukur yang biasa disebut multimeter atau avometer.

Pengukuran yang akan dilakukan pada power supply juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena range switch yang dipilih pada power suplly terhadap komponen yang akan kita ukur haruslah sesuai agar tidak terjadinya kerusakan pada alat ukur yang digunakan. Misalnya kita akan mengukur tegangan, tapi range switch pada alat ukur kita pilih adalah ohm meter, maka jelas saja alat ukur akan rusak. Atau batas maksimum yang tidak sesuai.

Bagaimana cara kita untuk menentukan batas ukur dalam pengukuran? Tentunya mudah, misal kita akan mengukur tegangan ac, sedangkan kita tidak tau kisaran berapa tegangan yang akan kita ukur itu. Kita bisa mulai mengukur dengan batas ukur tertinggi terlebihdahulu, lalu diturunkan dengan melihat tegangan yang diukur sebelumnya untuk mendapatkan resolusi pengukuran yang lebih baik namun masih dalam batas pengukuran.

[ads1]

Nah dalam kasus memperbaiki power supply tv led ini, langka langkah pengukuran harus dilakukan secara berurutan dari arak datang nya listrik sampai dengan keluaran tegangan menuju rangkaian yang akan disupply. Saya memulai dengan mengukur apakah tegangan ada pada konektor kabel listrik dari PLN. setelah itu ukur tegangan yang melewati fuse. Dalam hal ini saya mendapati bahwa fuse pustus. Apakah kita bisa langsung mengganti fuse tersebut dan menyalakan nya kembali? Tentu saja tidak.

Baca juga  Panjerino Ukuran Mini

Fuse putus tentunya ada penyebab nya. Bisa saja fuse putus disebabkan oleh beban berlebih atau short sirkuit. Baik kita kaan lanjut melakukan pengukuran tegangan setelah induktor filter, ternyata masih ada tegangan. Dilanjutkan dengan melakukan pengukuran tegangan pada rangkaian penyearah yaitu dioda kiprok. Dioda kiprok merupakan sebuah komponen yang secara teori tersusun dari 4 buah dioda yang dirangkai secara jembatan untuk dapat menyearahkan gelombang penuh dari inputan tegangan ac menjadi dc. biasanya jika terjadi short pada salah satu dioda di kiprok ini maka nilai beban akan bertambah sehingga bisa menjadi satu penyebab fuse putus. Namun setelah saya melakukan pengukuran seperti yang saya lakukan pada video, kiprok ini tidak rusak.

Pengukuran dilanjutkan menuju komponen mosfet yang berfungsi untuk mendrive sebuah trafo switching. Mosfet ini sendiri juga di drive pin gate nya dengan sinyal PWM yang dihasilkan oleh sebuah ic pwm generator. Pengecekan secara fisik yang saya lakukan menunjukkan bahwa mosfet ini rusak karena adanya tanda pecah serta hangus terbakar pada salah satu kaki nya. Namun kalian bisa juga melakukan pengukuran dengan menggunakan avometer menggunakan metode pengukuran yang sama dengan mengukur dioda.

[ads2]

Setelah membeli mosfet yang baru, walaupun tidak mendapatkan nilai aslinya (saya ganti dengan ampere yyang lebih besar) akhirnya power supply bisa menyala dan tegangan yang keluar sesuai dengan rate tegangan nya masing masing.

*penggantian mosfet dengan tipe lain bisa dilakukan dengan catatan tipe channel mosfet nya sama dan arus yang digunakan tidak boleh kurang dari aslinya.

[fblike]

Loading

Memperbaiki Power Supply TV LED

37 gagasan untuk “Memperbaiki Power Supply TV LED

  • 22 Februari 2019 pukul 11.47
    Permalink

    Bg tv sy mati total apa yg harus sy periksa bg?

    Balas
  • 16 Maret 2019 pukul 17.25
    Permalink

    Kalau led tcl yg mainboard ma power suplay gabung, cuman stanbay ap ny mas guru

    Balas
    • 9 Mei 2019 pukul 09.59
      Permalink

      cek dulu tegangan out rangkaian power supply nya coba jumper jalur ps_on ke tegangan standby, apakah semua tegangan mau keluar. kalau tidak berarti psu bermasalah.

      Balas
  • 25 Maret 2019 pukul 09.50
    Permalink

    Tv lcd lg m2241a saya mati, indikator tidak menyala, apakah psu atau mainboard kira2 yg bermasalah

    Balas
  • 11 Januari 2020 pukul 13.49
    Permalink

    TV lcd lg 32ld460 klo di setel 5menit mati entar yala sendiri teru bwgitu kira2 apa yg rusak bos q

    Balas
  • 15 Januari 2020 pukul 13.30
    Permalink

    saya ada monitor komputer . gejalanya baru di hidupkan beberapa detik mati lampu layarnya layar kalau di senter masih ada tampil gambar. sudah di ganti elko yang kembung di bagian psu , sudah di ganti sembuh penyakitnya selang 1 bulan kambuh padahal elko masih bgus smua . itu masalahnya di mana lagi ea?

    Balas
    • 27 Januari 2020 pukul 09.38
      Permalink

      pastikan dulu driver backlight berfungsi normal gan, kalau uda tapi ga nyala juga, pastikan backlight nya juga masih bagus. karena bisa aja lampu backlight nya yang mati?

      Balas
  • 22 Januari 2020 pukul 21.09
    Permalink

    Tosibha 32p2400 tidak ada gambar, ouput volt ke led hanya 30 volt kira2 apannya ya….?

    Balas
    • 27 Januari 2020 pukul 09.34
      Permalink

      out hanya 30 volt karena LED putus. coba pastikan semua led menyala. karena kalau led tidak menyala tegangan backlight tidak akan naik.

      Balas
  • 25 Januari 2020 pukul 00.01
    Permalink

    Mau tanya bli…PSUnya sharp aquos LC 32LE340M….fuse tidak putus…tp IC drivernya mati…sudah saya ganti…tp tetap tidak ada tegangan standby…dan mosfet saya ukur dengan mode dioda menunjukan angka 0-125(merangkak naik mentok di angka 125) saya ukur dgn cara probe(-)ke drain dan probe(+)ke gate itu baik atau tidak ya?tegangan di kaki pin 12.2v hanya terbaca 7.8v…pin standby tidak ada voltagenya…terimakasih sebelumnya

    Balas
    • 27 Januari 2020 pukul 09.29
      Permalink

      harus dipastikan ic driver menuju gate mosfet ada signal dengan menggunakan osc mas. Kalau pengukuran mosfet memang ada yang normal di angka 125. jadi harus dipastikan dulu bahwa ic driver bekerja dengan baik.

      Balas
    • 29 Januari 2020 pukul 19.59
      Permalink

      Masukanya bli, regulator tv LCD polytron 32″ tegangan12v tidak ada, tegangan 24v cuma 11v, tegangan 5v malah 7v, masalahnya di mana bli?

      Balas
  • 31 Januari 2020 pukul 23.15
    Permalink

    Bli sharp LE40 kena petir langsung matot.. Lampu standby pun mati, sy ganti ic pwm nya sesuai yg bli ajarkan di youtube, dan sekarang ada output 3v dan 13v, cuman yg jadi masalah kok panelnya tidak menyala ya klo dinyalakan? Jdi hanya backlight nya saja yg menyala, kira2 apanya lagi ya bli, terimakasih 🙂

    Balas
    • 31 Januari 2020 pukul 23.19
      Permalink

      Sudah d cek juga di bagian cof, tegangan 12v ada, fuse ga putus, tegangan vgh,vgl dll ada… Capasitor sudah d cek semua ga ada yg short..

      Balas
      • 1 Februari 2020 pukul 15.07
        Permalink

        Saya coba pasangkan antena ada suara siaran normal… Brarti firmware aman ya?

        Balas
        • 1 Februari 2020 pukul 19.47
          Permalink

          Oiya saya coba flash firmware nya dengan arahan vidio dari bli, ic nya kedetek di pc tapi saat selesai di program muncul notif “chip with the content are in disagreement” kaki2 ic terpasang dengan baik di modul flash, apa mungkin brarti ic firmwarenya corupt dan harus diganti? Trimakasih bli

          Balas
          • 4 Februari 2020 pukul 13.08
            Permalink

            coba di read dulu apakah masih bisa? kalau bisa disimpan dulu firmware asli. coba di tes dengan eeprom lain dengan besar memori sama. mau di upload ga. bisa aja memang eeprom nya bermasalah

  • 1 Februari 2020 pukul 20.12
    Permalink

    bli,mosfet 8N650C short.langsung ganti malah mosfet,fuse short di tambah r smd yang tadinya normal pd melar nilai nya.copot mosfet lalu ganti komponen yang pada gosong,tanpa mosfet terukur drain 325v,gate(yang di curigai penyebab mosfet short)0-2,4V naik turun.pas diurut ternyata langsung ke kaki pwm dengan seri OB5269.pin gate berdenyut jg 0-2V,pin vdd 0-8V,pin hv 325V,pin rt 0-1V,pin fb 0-2,5V.pin cs 0,2V.kalau tegangan berdenyut semua begitu apakah bisa langsung vonis pwm rusak bli?

    Balas
  • 4 Februari 2020 pukul 11.55
    Permalink

    Tv sharp LC 24LE174I,matot lampu indikator mati, teg kluar ada,mslahnya dmna?

    Balas
      • 4 Februari 2020 pukul 14.16
        Permalink

        Apanya yg harus di ganti? Thx

        Balas
      • 4 Februari 2020 pukul 21.12
        Permalink

        Trus apa yg harus di cek/ganti? Mohon petunjuk,,,

        Balas
        • 6 Februari 2020 pukul 08.55
          Permalink

          alau apa yang harus diganti saya ga tau bang. kan saya ga bisa cek. itu harus dilakukan pengecekan. tidak langsung tau bagian mana yang sudah pasti harus di ganti

          Balas
  • 4 Februari 2020 pukul 22.07
    Permalink

    Saya mau tanya kak saya punya tv polytron pld 24 t810 power supply mati fuse putus setelah saya cek ketemu ada satu dioada 5A yg shot dan mosfet shot setelah saya ganti power supply normal kembali dan tv dapat menyala kembali tetapi setelah 3 hari power supply mati lg dan fuse putus lg kira² apa penyebab utama karena saya masih bingun menentukan yg mana ic pwm nya . Mohon petunjuknya

    Balas
    • 6 Februari 2020 pukul 08.53
      Permalink

      biasanya ada capacitor yang nilai nya melar jadi short terus karena beban menjadi lebih besar. silahkan dicek juga komponen lainnya

      Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.