Membuat Line Follower Sederhana

Back to Blog

Membuat Line Follower Sederhana

Bulan lalu di Politeknik Negeri Bali, tempat saya kuliah saat ini. UKM Robotika mengadakan lomba line follower analog yang di ikuti oleh seluruh peserta ukm robotika di poltek Bali. Kebetulan karena saya adalah salah satu anggota ukm robotika di kampus saya ikutan juga nih lomba line follower walaupun saya sama sekali belum pernah membuat yang namanya line follower. Nah karena itu saya minta rangkaian line follower yang akan di lombakan sama ketua ukm robotika saat itu yaitu si Suwardana.

Besok lomba akan dimulai tapi malam nya saya masih malas untuk membuat robot yang akan dilombakan karena saya masih bingung belum nyetak pcb nya, belum masang kabel nya, belum lagi nyari batre yang mau dipakai nanti. akhirnya saya cuma bisa ngenet sambilan liat liat referensi line follower di internet deh.

Lama saya ngenet eh uda jam 4 pagi waktu itu sedangkan lomba mulai jam 9 di kampus dan harus sudah registrasi jam 8 pagi, waduh. langsung deh saya ambil gerak cepat ga usah cetak pcb, pakai pcb lubang pun ga masalah dan memanfaatkan beberapa kaki komponen sebagai jalur penghubungnya. O iya untuk ball caster saya nyolong pentulan parfum botolan punya mamak saya tak ambil trus ta pasang di pcb lubang biar jalan robotnya bisa mulus dengan 2 roda dan 1 buah ball caster itu. coba cek gambar dibawah ini, ini adalah gambar robot line follower yang saya buat saat itu. baterry nya saya ambil di sampah elektronik saya nih. Sudah kembung kayak mau meledak aja, sisa dari battery quadcopter pesawat saya yang dulu jatuh.

Nah kalau yang dibawah ini adalah gambar line follower yang saya buat dan saya sambung dengan menggunakan kaki komponen nih, soalnya kan pakai pcb lubang, jalurnya ya pakai kaki komponen deh.

Baca juga  Download Software Led Matrix

Untuk kamu yang ingin juga membuat line follower sederhana seperti saya ini, saya bagikan juga skematik line follower yang saya buat diatas kamu bisa cetak ke pcb yang lebih bagusan dari saya sekarang :D download pada link dibawah ini :

Download

Share this post

Comments (3)

  • Putu Gede Darmawan Reply

    Keren

    1 Mei 2015 at 13.56
  • sam Reply

    bang duwi, tolong update link downloadnya dong..

    14 Juni 2016 at 22.17

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog