Berita Terbaru

Memperbaiki TV LED LCD Gelap

Belakangan ini banyak kali yang bawa service an tv ke toko, padahal papan nama service tv ga ada sama sekali.

Tapi memang jaman nya uda mulai berubah, tv yang sekarang dateng uda ga tabung lagi, tapi plasma, lcd dan led. kerusakan nya pun aneh aneh :D

Tapi yag mau tak ceritain ini bukan barang customer atau barang service an orang, tapi tv yang saya beli sendiri dalam kondisi rusak. TV nya adalah TV merk LG LED 22″, dari kondisi fisik masih sangat mulus sekali pas tak beli, TV ni saya beli dengan harga 350rb. Rusak tv ini adalah saat dinyalakan tv nya ada suara tapi gambar nya gelap atau mati, namun saat diterawang dengan lampu tampak gambar yang samar samar.

langsung deh cus ke bengkel saya.

Tapi pas sampai di toko / bengkel saya ternyata tv ini sudah pernah di bongkar atau mungkin di service. itu saya tau dari bekas congkelan kasar disetiap pinggiran casing tv nya. langsung aja saya buka dan benar aja di dalem uda ada beberapa komponen yang di solder atau berusaha diganti. Saya lihat komponen tersebut mengarah pada rangkaian catu daya untuk lampu tv nya atau biasanya kita sebut dengan backlight.

Tepat sekali teknisi sebelum nya, tapi kenapa belum nyala ya? eh ternyata setelah rangkaian catu daya backlight, rangkaian booster tegangan tinggi nya ga bekerja. jadi ga ada tegangan yang masuk ke backlight, makanya jadi gelap deh.

Nah pas saya coba lihat dan otak atik ternyata ic untuk rangkaian booster itu susah dicari, akhirnya mau ga mau agar backlight bisa menyala dengan tegangan yang ada akhirnya rangkaian backlight yang ada saya ubah jalur perkabelan nya. Jadinya tegangan yang awalnya perlu besar untuk menyalakan backlight jadi saya buat tegangan rendah pun bisa menyala. itu dengan memotong jalur lampu menjadi 4 bagian yang awalnya hanya ada 2 bagian.

Baca juga  Tv Tabung Hanya Muncul Garis Putih

Pertamanya kan saya nyalain tuh hasil modifikasinya, pas tv nya dihidupin akhirnya backlight menyala dan menampilkan gambar juga :D senang nya dalem hati. eh setelah dimatiin backlight masih tetep nyala :D seneng nya keluar hati lagi deh wkwkwk.

nah masalah itu saya atasi dengan cara memanfaatkan pin on off signal untuk backlight aslinya yang saya hubungkan ke sebuah transistor NPN tipe apa saja yang penting arus nya mencukupi. Kenapa tipe NPN? ternyata setelah saya ukur, pin on off backlight akan aktif high saat tv dinyalakan. itu artinya kita perlu transistor yang aktif jika basis diberi sinyal positif (NPN).

Setelah disambung, menyala deh normal seperti TV led tanpa masalah :D

TV ini besok nya saya jual seharga 1.2jt uda deal, cuma pas yang beli dateng dia ngotot bayar tv saya seharga 800rb, alasan nya karena lokasi rumah nya jauh. :( hadeh. tapi ga apa apa. yang penting masih ada uang buat beli nasi.

*note jarak rumah pembeli itu sekitar 40km bisa buat motong harga 400rb, ajib… padahal uda deal kan pak :(

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Cara Membuka Casing Iphone
views 6863
Ini artikel saya tulis, tapi kayanya cara buka casing iphone sudah pernah saya posting di blog saya dulu dulu sekali di dewataelektronik.com. Atau mun...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Alarm Sensor Gerak Bersuara SMS

Kalian pernah melihat project elektronika saya yang judul nya “alarm maling bersuara” ? Kalau pada …

Tinggalkan Balasan