Berita Terbaru

Memperbaiki Printer Sablon DTG

Pas itu toko lagi buka naggung. Dibilang buka tapi gerbang besi nya aga tutup, tapi dibilang tutup ada yang belanja.

Mungkin pas aga sore, dateng 2 orang ke toko saya bawa benda besar kali. Yang saya tau itu adalah printer. Saya langsung katakan itu printer karena ada tabung pembuangan tinta diluar nya yang juga bocor ditambah belepotan.

Ukuran nya yang aneh dan bentuk nya yang ga biasa saya lihat bikin saya curiga pas itu, ini beneran printer?

Tapi setelah bapak yang bawa benda itu jelasin baru saya ngerti kalau itu printer yang di modifikasi sebagai mesin sablon digital. Jadi tinta nya masih sama kayak printer, mesin nya pun juga sama diambil dari mesin printer EPSON. Hanya saja konstruksi nya dibuat baru serta ada penambahan beberapa motor stepper pada tempat atau wadah baju yang akan di sablon agar dapat bergeser saat mencetak gambar, bukan melengkung menggulung seperti printer pada umumnya.

Printer sablon atau yang saat itu baru saya tau istilah nya adalah DTG atau printer DTG (direct to garment) keluhannya tidak mau mencetak dan pada layar komputer terdapat error pada cartridge. Tapi informasi yang diberikan sama yang punya aga unik. Jadi pas dipasang semua cartridge, maka akan muncul error satu atau bahkan semua cartridge, tapi kalau salah satu dilepas (mana aja) tidak terjadi error. Menurut yang punya kemungkinan rusak di cartridge. Si yang punya juga bilang kalau kejadian ini pernah terjadi dulu, cuma lupa apanya yang diperbaiki.

Nah sekarang karena video saya dilihat di youtube tentang benerin mainboard printer epson (video th 2011) disini makanya dia bawa ke saya printer nya.

Baca juga  Memperbaiki Power Supply TV LED

Dulu sekitar tahun 2010 sampai 2012 saya pernah kerja di toko komputer sebagai teknisi serabutan 😀 pernah juga tuh nanganin beberapa printer. Sepengalaman saya, epson ada istilahnya counter atau penghitung cetak dan penghitung tinta yang hitungan nya disimpan didalam memory mainboard printer itu sendiri. Nah ini kalau penuh atau sudah mencapai batas yang ditentukan, walaupun tinta kamu infus, kamu suntik banyak pun ga bakalan bisa dipakai buat ngeprint. Cara penanganan nya? biasanya saya reset tuh counter menggunakan software resetter khusus buat epson dan restart printer, berfungsi lagi deh.

Tapi eh tunggu dulu, reset itu sudah saya praktekkan di printer sablon DTG ini tapi ga berhasil 🙁

Berarti bukan disana masalah nya.

Akhirnya saya bongkar aja deh mulai dari cartridge nya sampe ke kabel flexyble nya. ada satu board yang membuat saya curiga, board pembaca cartride.

Ini kan board yang kirim data informasi cartridge, tinta dan sebagainya ke main board utama. langsung aja deh pas itu saya ganti board nya sama yang ori dan baru.

Bener aja, setelah dipasang yang baru printer uda ga error lagi dan bisa print. Tapi sayang, karena terlalu lama didiemin printer nya sebagian besar tinta tidak mau keluar. Yah, apa lagi kalau ga head printer yang buntu. Masalah klasik epson tinta infus 😀

Akhirnya saya jelasin masalah yang uda diselesaikan dan masalah baru nya, trus terima bayaran deh hehehe.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

TV Rusak Susah Menyala

Pernah ga kamu ngalamin pas mau nyalain TV rasa nya susah banget. Berkali kali kamu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.