Berita Terbaru
Beranda » Layout » Rangkaian Score Board Wireless

Rangkaian Score Board Wireless

Sebelum artikel ini, yaitu rangkaian score board wireless, artikel serupa lainnya sudah pernah saya bahas disini dan yang serupa juga disini.

Jadi artikel itu adalah :

Membuat Papan Skor Futsal Sederhana
Membuat CountDown Timer

sebelum melanjutkan membaca artikel ini sebenarnya kalian bisa baca dua artikel tersebut. karena itu merupakan dasar dari apa yang akan kita bahas sekarang.

Pembuatan rangkaian ini sebenarnya adalah request dari seorang teman saya yang menyewakan papan skor untuk pertandingan olah raga seperti volley, futsal, sepak bola lapangan dan sebagainya. namun karena biasanya juri ada yang mengganti skor angka pertandingan secara manual, ada yang pakai tombol namun katanya yang sudah digital itu pakai tombol tapi masih pakai kabel sehingga kadang menyusahkan operator jika ingin berpindah tempat.

Project rangkaian score board wireless atau papan skor ini berfungsi menambah, mengurangi, mereset nilai score dua team yang bertanding dengan sebuah remote secara wireless. Nilai angka yang ditampilkan juga tersimpan dalam EEPROM, sehingga jika listrik mati maka score terakhir akan tetap tersimpan sampai papan score ini mendapatkan sumber listrik lagi.

Perangkat yang saya gunakan untuk komunikasi wireless disini adalah modul NRF24L01 yang datasheet nya saya baca mampu berkomunikasi hingga 2km pada model tertentu. Kalau dipakai dilapangan kan ga usah sampai sejauh itu pakek nya 😀

pemasangan kontroller display ke panel LED matrix dirangkai secara seri dengan dua panel, yaitu panel grup a dan b dibuat saling terpisah seperti yang sudah diperagakan divideo.

untuk skematik kalian bisa lihat dua skematik ini yaitu bagian remote dan kontroller display.

Nah kalau bagian penerima sekaligus kontroller display led nya bisa kamu cek dibawah ini.

Baca juga  Membuat Alat Komponen Tester

Untuk ukuran jadi atau layout pada pcb dari alat score board wireless ini sangat sangat kecil sekali sampai kamu bisa memasukkan nya ke dalam sebuah kotak korek kayu yang kecil 😀

Jadi untuk box nya kamu bisa membuatnya terlihat portable dengan menambahkan batterai sebagai sumber listrik remote. kamu bisa cek layout nya dan bandingkan ukuran ic smd atmega328 nya dengan ukuran pcb keseluruhan

Kamu bisa lihat pengijuan nya pada video yang sudah saya buat lama sekali sebelum artikel ini saya ketik 😀 baru saya punya waktu buat nulis. Nah yang paling penting adalah coding nya 😀 kamu bisa download gratis coding nya disini atau kamu bisa beli project ini untuk mendapatkan file lengkap seperti yang dibuat pada video, kamu tinggal cetak dan upload program nya.

 

 

[sociallocker id=2480]

download-button[/sociallocker]

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama …

10 komentar

  1. mas duwi ..
    saya mau tanya2 dong soal scoreboard wireless ini .. kira2 kalo saya terima udah jadi biayanya berapa? hehehe … sama kalo ada penambahan first serve sama second serve .. o iyah .. scoreboard ini untuk badminton ,, dan masih menggunakan sistem lama ,, terutama untuk double match .. ada serve kesatu sama serve kedua ,, jadi mungkin harus ditandai dengan angka 1 dan 2 buat nunjukin posisi serve nya ,, suwun loh ,, ditunggu balesannya ke email ,,

  2. mas untuk rangkaiannya gimana yah? gambarnya tidak bisa dilihat.
    kalau beli biayanya berapa ya?

  3. mas dwi saya mau tanya untuk paket scoor board nya berapa duit ya? tlg di balas ke gmail : asai.andrian@gmail.com

  4. Klo boleh, ada tidak project membuat papan pergantian pemain sepak bola?

  5. Itu bisa pakai 1 phenel p10 saja bli? Biar ga ke besaran dan di tambahin angka kecil untuk skor misal 3-0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.