Mengganti Mesin TV LCD / LED Universal

on
Categories: Cerita Saya, Tips & Trik, Tutorial

Nah kemarin saya dapat service an sebuah TV LED dengan merk AKARI. Tv itu kata pemiliknya yang juga teman SD saya mati total nih. TV dengan ukuran 22″ yang lumayan tipis.

Saat saya mencoba menghidupkannya ternyata benar tidak menyala sedikitpun. Lampu indikator standby aja juga ga nyala. Trus saya bilang kalau mau dicek dulu, tv nya di titipin disini aja.

Besoknya langsung saya bongkar tu TV LED dan saya ukur dulu bagian blok regulator (power supply nya) Kalau diperhatikan power supply dari TV ini output tegangan nya hanya 1 aja yaitu 12VDC. dan juga ada keluaran dengan kabel flexyble menuju panel, saya rasa itu adalah kabel ke backlight LED nya.

rangkaiam TV ini penuh dengan komponen pasif, aktif, ada juga kontroller dan amplifier ditambah dengan tuner. Tentu saja tegangan yang diperlukan masing masing blok tersebut tidak sama 12v. Setelah saya cek, blok yang memerlukan tegangan 12v adalah bagian amplifier, sedangkan tuner memerlukan 5v ini dilihat dari jalur vcc tuner yang menuju keluaran IC regulator. dan ada juga beberapa yang memakai tegangan 3.3v.

Nah yang pertama kita cek adalah tegangan 12v masuk kemana. trus keluaran 5v untuk kontroller nya ada apa ngga. Saat dicek ternyata tegangan 5v ga keluar. Kalau di mainboard ini tegangan 5v dihasilkan oleh rangkaian regulator switching step down yang di atur oleh IC MP2307 switching 3A. dari sana di output nya yaitu setelah induktor ga ada tegangan, padahal input 12v nya ada.

Langsung saya coba cabut IC nya dan saya bypas tegangan 5v dari power supply saya. Hasilnya tv menyala tapi ternyata ada kerusakan lain lagi seperti di gambar ini.

Baca juga  Cara Flash Firmware TV

[ads1]

akhirnya saya tau panel masih oke.

Trus saya jadi inget sama sebuah mesin monitor LCD / LED universal yang saya punya.

Langsung aja saya ambil, ukuran mesin LCD ini sangat kecil sekali dan hebatnya support sampai layar ukuran 42″ resolusi full HD 2k. bih tajem bener. Pemasangan mesin ini juga ga begitu rumit. hanya pasang kabel vga, kabel LVDS (yang ke layar) trus adaptor deh. Langsung dia nyala jernih sekali tanpa ada gangguan atau kerusakan gambar. Mudah nya lagi kalau pas pakai mesin ini kita ga usah lagi program memprogram untuk panel tipe beda karena dia otomatis menyesuaikannya. dan tegangan kerja dari mesin monitor universal ini adalah 12v 800mA lumayan hemat listrik kan hehhe.

Untuk masalah mesin tv nya, memang juga ada sih mesin tv universal yang ukurannya mirip dengan mesin ini tapi kebetulan lg kosong ya ini dulu saya demokan. spesifikasi mesin nya seperti ini :

masalah mesin tv akari nya uda solve, ganti IC dengan tipe yang sama. atau pakai modul regulator switching stepdown 5v minimal 3A