Merakit Running Text Dengan Kontroler TX-LU20

Back to Blog

Merakit Running Text Dengan Kontroler TX-LU20

Hei, kamu mau belajar merakit running text? ga tau gimana caranya merakit? Ga ada yang ngajarin? Sebenarnya ada banyak cara untuk dapat membuat sebuah running text atau led matrix. Seperti pada artikel saya sebelum nya yang merakit led matrix sederhana.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/merakit-running-text-sederhana/” icon=”” target=”false”]Merakit_LED_Matrix_Sederhana[/button]

Kalau di artikel sebelumnya itu kan saya udah nunjukin cara bikin running text dengan komponen yang sangat minimalis sekali dan diprogram menggunakan arduino. Kalau sekarang saya juga akan share cara merakit running text dengan sangat sederhana juga tapi dengan kontroler LED tipe TX-LU20.

Kontroler led matrix TX-LU20 ini ukurannya sangat kecil dan murah. Seharga Rp. 100.000 kamu sidah bisa menampilkan jam dan juga animasi tulisan pada panel led matrix. Kamu dapat membeli paket belajar led matrix dari duwiarsana.com untuk bisa memulai belajar merakit running text, atau mempergunakan bahan yang sudah kamu punya.

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah panel led matrix, power supply 5v dan led kontroller. Hanya 3 benda tersebut kita sudah bisa nanti menampilkan tulisan pada panel led matrix dengan mudah.

Nah karena pemasangan kabel data dan power sudah jelas saya tunjukkan pada video tutorial, saya akan memberikan beberapa foto langkah yang harus kamu lakukan pada software led matrix nih.

Pertama saat mau membuat tulisan atau animasi pada panel led matrix. Pada software kamu harus melakukan setup panel pertama kali. Kalau ga melalui proses ini kamu ga akan berhasil upload tulisan ke kontroler led matrix kamu nih.

Nah kalo uda klikpanel setup kamu akan masuk ke konfigurasi yang akan kita ubah agar sesuai dengan panel yang kita gunakan dan tipe kontroler yang akan kita pakai dalam praktek kali ini.

Baca juga  Rangkaian Saklar Bluetooth 2 Relay

[ads1]

Setelah masuk kamu bisa lihat ada beberapa drop down menu dan juga kolom edit text. Disanalah kamu isi data tersebut sesuai dengan yang akan kita pakai. Misalnya dalam foto saya menggunakan kontroler tipe TX-LU20 maka pada bagian kontroler akan saya ganti jadi TX-LU20 sedangkan warna nya kita pilih satu warna atau R. kalau panelnya ada 2 warna berbeda kamu bisa pilih RG.

Untuk masalah scan type biasanya temen sering kebingungan. Ini diubah sesuai dengan tipe panel yang akan kamu gunakan. Kalau di paket belajar ini kamu bisa pilih scan type p10 normal bagian atas. untuk ukuran panel kamu bisa sesuaikan dengan panel yang kamu pakai. kalau satu panel berarti 32×16, kalau dua panel kesamping berarti 64×16 dan begitu seterusnya. Bahan bahan dalam merakit led matrix bisa kamu lihat dibawah ini.

  • -5%

    Paket Belajar LED Matrix

    Paket lengkap belajar merakit LED matrix, untuk kamu yang ingin mencoba membuat display tulisan LED berjalan sendiri

    Rp430.000 Rp410.000
  • You've just added this product to the cart:

    Panel LED P10 Merah SO

    Panel LED P10 Merah SO

    Panel LED display yang bisa kamu pakai untuk papan iklan toko ataupun kantor dan sekolah.

    Rp140.000

Share this post

Comments (24)

  • LEE WARDO . P Reply

    kak mau tanya ne kak nama software nya apa dan download di mana kak?? klu blh tahu

    23 Oktober 2015 at 23.06
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      ada di artikel sebelum nya namanya powerled

      23 Oktober 2015 at 23.42
      • LEE WARDO . P Reply

        ok kak makasi bantuan dan informasinya sngat bermanfaat bagi sya yg baru mengenal tentang dunia Kontroler,dan sya angota baru di forum ini, slam kenal dari saya mahasiswa dari UPI YPTK padang bp 14 jurusan sistem komputer(SK-1) :)

        24 Oktober 2015 at 04.04
  • ruslan Reply

    sangat bagus sekali, aku mau belajar jarak jauh dari mas,,,smga bisa diterima ;;belajar tentang dasar mikrikontroller, aku awam masalah ini, pengalaman saya bidang audio video dan repair barang elektronika, skrng sdh tidak repair lagi,,,jadi banyak waktu untuk belajar microkontroller,,,,mudah2an bisa diterima, thahks,,,mas Duwi.alamat saya ,,jln.terubuk komplek blki no.36 pekanbaru (riau)

    1 November 2015 at 09.47
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      salam kenal mas ruslan, kalau saya sendiri juga kenal mikrokontroller baru baru ini, dulu saya tukang pasang listrik dan service tv. belajar mikrokontroler ga sulit kalau terus dicoba.

      1 November 2015 at 22.57
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    salam kenal pa duwi, saya ingin ikutan belajar. seandainya saya beli module lengkap berapa uangnya sekalian ongkirnya?

    7 November 2015 at 13.58
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    salam kenal pa duwi
    saya ingin bergabung untuk belajar mikrokontroler.
    saya ingin membeli module lengkap merakit running teks, berapa harga sekaligus ongkir ke Karawang jawa barat.

    7 November 2015 at 14.24
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    apa bedanya panel LED P10 merah SO dengan panel LED P10, apakah keduanya tipenya sama dengan TX-LU20?

    13 November 2015 at 22.29
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      yang SO itu tidak di cor karet bagian depan. jadi tidak tahan air dari depan. yang p10 merah 200rb itu tahan air dari depan. kedua nya bisa di TX-LU20

      14 November 2015 at 00.28
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    saya sudah sms tidak ada respon pa?

    13 November 2015 at 22.42
  • Surya Agussatria Reply

    Mas bisa info biaya paket untuk buat alarm maling dengan sms… saya udah sms belum respons… 081278187631… surya (palembang)

    14 November 2015 at 10.11
  • CHAMIDUN MAJID Reply

    saya sms di kedua no.nya yang indosat dan yang tri (3).

    14 November 2015 at 17.34
    • Anak Agung Duwi Arsana Reply

      maaf mas sudah semua sms terbalas.

      15 November 2015 at 03.27
      • CHAMIDUN MAJID Reply

        Masih belum ada respons pa, kok harganya beda dengan melalui kerajang web. ini? saya masih nunggu konfirmasinya biar saya bisa lanjut transaksi.

        19 November 2015 at 12.06
        • Anak Agung Duwi Arsana Reply

          sudah normal mas, silahkan di sms kembali. kemarin error di sisi operator. disarankan order lewat web mas. karena ada catatan nya

          19 November 2015 at 15.16
  • yoyok Reply

    mas dwi saya folower berat sampean…mau tanya flash downloader untuk chip ARM pake apa ya trus beli dimana ya…trimakasih sebelumnya

    18 Juni 2016 at 23.47

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog