Merakit Running Text Dengan Kontroler TX-LU20

on
Categories: Produk, Tak Berkategori, Tutorial

Hei, kamu mau belajar merakit running text? ga tau gimana caranya merakit? Ga ada yang ngajarin? Sebenarnya ada banyak cara untuk dapat membuat sebuah running text atau led matrix. Seperti pada artikel saya sebelum nya yang merakit led matrix sederhana.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/merakit-running-text-sederhana/” icon=”” target=”false”]Merakit_LED_Matrix_Sederhana[/button]

Kalau di artikel sebelumnya itu kan saya udah nunjukin cara bikin running text dengan komponen yang sangat minimalis sekali dan diprogram menggunakan arduino. Kalau sekarang saya juga akan share cara merakit running text dengan sangat sederhana juga tapi dengan kontroler LED tipe TX-LU20.

Kontroler led matrix TX-LU20 ini ukurannya sangat kecil dan murah. Seharga Rp. 100.000 kamu sidah bisa menampilkan jam dan juga animasi tulisan pada panel led matrix. Kamu dapat membeli paket belajar led matrix dari duwiarsana.com untuk bisa memulai belajar merakit running text, atau mempergunakan bahan yang sudah kamu punya.

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah panel led matrix, power supply 5v dan led kontroller. Hanya 3 benda tersebut kita sudah bisa nanti menampilkan tulisan pada panel led matrix dengan mudah.

Nah karena pemasangan kabel data dan power sudah jelas saya tunjukkan pada video tutorial, saya akan memberikan beberapa foto langkah yang harus kamu lakukan pada software led matrix nih.

Pertama saat mau membuat tulisan atau animasi pada panel led matrix. Pada software kamu harus melakukan setup panel pertama kali. Kalau ga melalui proses ini kamu ga akan berhasil upload tulisan ke kontroler led matrix kamu nih.

Nah kalo uda klikpanel setup kamu akan masuk ke konfigurasi yang akan kita ubah agar sesuai dengan panel yang kita gunakan dan tipe kontroler yang akan kita pakai dalam praktek kali ini.

Baca juga  Ini cara Copy Mikrokontroller

[ads1]

Setelah masuk kamu bisa lihat ada beberapa drop down menu dan juga kolom edit text. Disanalah kamu isi data tersebut sesuai dengan yang akan kita pakai. Misalnya dalam foto saya menggunakan kontroler tipe TX-LU20 maka pada bagian kontroler akan saya ganti jadi TX-LU20 sedangkan warna nya kita pilih satu warna atau R. kalau panelnya ada 2 warna berbeda kamu bisa pilih RG.

Untuk masalah scan type biasanya temen sering kebingungan. Ini diubah sesuai dengan tipe panel yang akan kamu gunakan. Kalau di paket belajar ini kamu bisa pilih scan type p10 normal bagian atas. untuk ukuran panel kamu bisa sesuaikan dengan panel yang kamu pakai. kalau satu panel berarti 32×16, kalau dua panel kesamping berarti 64×16 dan begitu seterusnya. Bahan bahan dalam merakit led matrix bisa kamu lihat dibawah ini.

  • Diskon!

    Paket Belajar LED Matrix

    Paket lengkap belajar merakit LED matrix, untuk kamu yang ingin mencoba membuat display tulisan LED berjalan sendiri

    (2 reviews)