Nembak Wifi Pakai Kaleng

Back to Blog

Nembak Wifi Pakai Kaleng

Wifi an emang paling sering dan sangat perlu banget bagi kita anak muda gini.

Saya sendiri walaupun dirumah sudah ada wifi dan bisa internetan sepuasnya, kadang di tempat lain gitu juga sering iseng searching wifi gratis biar bisa internetan tanpa harus ngabisin kuota internet hp kita.

Kalau dirumah, biasanya yang menghasilkan wifi itu bisa dari sebuah modem wifi, atau router wifi dari provider internet kita seperti indihome. Jarak pancar wifi nya biasanya cuma maksimal sampai 10 sampai 20 meter tergantung dari kondisi lingkungan.

Maksud dari kondisi lingkungan adalah area pancar sinyal wifi nya apakah ada halangan atau tidak. Jika ada halangan seperti tembok pada kamar atau rumah itu biasanya akan memperkecil daya pancar dari wifi internet kita. Itu karena tipe pancar sinyal selain tipe n ga bisa tembus tembok (gitu kalau saya baca).

Nah pengalaman saya dulu waktu masih kerja instalasi jaringan internet, pernah saya disuruh untuk menyediakan akses internet kesebuah kantor yang letak nya ditengah sawah dan harus menjadi satu jaringan dengan kantor yang letaknya di pinggir jalan besar berjarak 300 meter dari lokasi.

Nah waktu itu dana untuk menarik kabel sejauh itu sudah tidak ada, dan juga tidak mungkin menarik kabel sejauh 300 meter karena pasti akan lost signal. dan kalau kabel merk belden dengan kualitas terbaik pun setau saya hanya mampu sampai 100 meter saja tanpa repeater.

Jadi saya memilih untuk menggunakan jaringan wireless, tapi saat itu penawaran yang saya ajukan menggunakan dua buah perangkat tplink 5210 yang memberikan kekuatan signal besar dan stabil. hanya saja harga nya pada waktu itu satu unit nya seharga 600rb, jadi jika 2 unit sampai 1 juta lebih. nah ini yang di tolak sama pihak kantor nya karena biaya nya yang terlalu mahal.

Baca juga  Membuat Mesin Antrian Sederhana V.1

Akhir nya saya akalin deh pakai kaleng dan juga pakai usb wifi yang harga 120rb pada saat itu.

Kenapa ada kaleng?

Usb wifi pada umumnya sama seperti modem wifi dan router wifi normal, hanya mampu memancarkan sinyal wifi sejauh 10 sampai 20 meter. nah fungsi dari kaleng nya ini adalah sama seperti pada parabola tv, yaitu sebagai reflektor sinyal yang akan memfokuskan sinyal wifi terpencar menjadi satu titik tertentu sehingga kekuatan sinyal pancar dan terima nya meningkat.

Contoh sederhanya nya adalah kaca pembesar yang kita arahkan ke sinar matahari sehingga membuat titik sinar nya terfokus menjadi satu titik dan membuat titik tersebut menjadi sangat panas berkali kali lipat.

Hal ini yang terjadi pada usb wifi yang kita pasang pada sebuah kaleng.

Pemasangan usb wifi pada kaleng ini pun tidak bisa sembarangan. Ada hitung hitungan yang harus kita ukur. Kalau saya mau gampang bisa menggunakan software online yang namanya “cantenna calculator” dengan software itu kita bisa menentukan titik lokasi pemasangan usb wifi yang tepat.

Dengan begitu saya bisa menangkap wifi dengan jarak 300 meter tanpa halangan dan sinyal lancar jaya pada saat itu.

Tapi di kesempatan lain saya mencoba kembali dengan jarak yang lebih jauh yaitu sekitar 1km dengan menggunakan kaleng bekas. hasilnya pun cukup memuaskan.

Apakah dengan menggunakan kaleng ini benar benar bisa menangkap sinyal yang jauh? seperti yang saya katakan, kaleng ini berfungsi sebagai reflektor. Jadi kalian yang mau mencoba nya, alangkah baiknya memahami dulu pola pancar wifi dan karakter signal wifi. seperti pada video yang sudah saya buat berikut ini.

Baca juga  Monitor LCD LG Mati Total

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog