Berawal dari malas bangun dari tidur untuk mematikan lampu kamar saya membuat alat ini. Alat yang dapat mematikan peralatan listrik, tidak hanya lampu kamar tapi semua peralatan listrik. Alat yang saya buat disini dapat dikendalikan dengan dua cara, yaitu melalui remote tv dan juga android dengan menggunakan aplikasi chatting bluetooth.

Dalam menyalakan atau mematikan peralatan listrik yang terpasang pada alat saya ini kamu dapat memilih untuk menggunakan remote ataupun menggunakan android kamu melalui bluetooth atau bahkan keduanya juga bisa kok. karena alat ini bekerja dengan membaca 2 sensor sekaligus yaitu photo transistor dan juga bluetooth.

Cara kerja dari alat ini adalah dengan membaca code yang dikirimkan dari remote tv lalu membandingkannya terhadap kode HEX yang telah ditulis pada program alat ini. namun untuk bluetooth nya sangat sederhana, karena hanya membandingkan huruf a-h yang mewakili tiap channel relay yang akan di hidupkan. Dibawah ini adalah foto alat tersebut, PCB nya double layer dan terdapat 8 buah relay sebagai pengganti saklar.

Seperti yang terlihat pada foto tersebut saya memasang sensor phototransistor untuk remote TV dibagian atas PCB sedangkan bluetooth nya saya pasang pada bagian bawah PCB guna menghemat tempat. Untuk jangkauan kendali nya bisa mencapai 10 meter dari alat ini atau jika kamu ingin lebih jauh lagi kamu bisa membuatkan extention cable untuk sensor tv nya agar sesuai dengan penempatan panel kontrol kamu nantinya.

Kamu bisa membuat sendiri alat ini dengan mengikuti rangkaian skematik yang sudah saya bagikan gratis pada kolom download dibawah ini dan juga firmware demo nya gratis agar kamu bisa merasakan asiknya mengendalikan nyala listrik pakai remote hehehe.

Baca juga  TV LED Panasonic Mati Total

Untuk yang mau beli PCB nya aja saya juga menyediakan PCB kosongan tanpa komponen yang dapat kamu beli disini. dibawah ini adalah foto PCB kosongan yang bisa kamu beli untuk dirakit sendiri. nah untuk lebih tau bagaimana alat ini bekerja kamu bisa saksikan video youtube saya dibawah ini agar lebih menarik dan menyemangati kamu untuk buat yang seperti ini 🙂

Beli yuk :

PCB Saklar bluetooth + IR = Rp. 55.000

Alat Jadi Bluetooth + Remote TV = Rp. 550.000

Alat Jadi Remote TV = Rp. 470.000

SMS 08970869443

Nah kalau kamu malas untuk membeli, kamu bisa download project saya lengkap pada link dibawah ini. seru kan ? 🙂 gratis..

Download Project :

Skematik Saklar Bluetooth Remote TV dan Firmware Demo

Untuk kamu yang bingung cara upload firmware tersebut, kamu bisa melihat artikel saya disini tentang bagaimana mengupload atau memprogram sebuah IC mikrokontroller pada artikel saya.

Saklar remote TV + Android

28 gagasan untuk “Saklar remote TV + Android

  • 26 Agustus 2014 pukul 05.29
    Permalink

    kalo rangkaian jadi, saklar singgle saja, pake remote, jatuhnya kira2 brp..

    Balas
  • 28 Agustus 2014 pukul 09.57
    Permalink

    wah keren mas, kreatif (y)

    Balas
  • 30 Agustus 2014 pukul 14.02
    Permalink

    Bli saya tertarik dengan remote androidnya bli, cuma saya mau ingin ganti tampilan di android biar lebih keren alnya mau tiang aplikasikan ke hal yang lebih luas, apa bisa bli?

    Balas
  • 2 September 2014 pukul 16.03
    Permalink

    kalau misalkan minat dikasih ngga tutorial pemasangan ke alat listrik nya, maaf ngeliat video nya ssaya masih sedikit kurang jelas untuk aplikasi nyata nya

    Balas
  • 3 September 2014 pukul 15.23
    Permalink

    disana sudah ada relay mas. relay berfungsi sama seperti saklar. otomatis pemasangan sama dengan instalasi satu batre satu lampu satu saklar itu sederhana nya,

    Balas
  • 24 September 2014 pukul 22.43
    Permalink

    lebih mantab kalo digabungin sm saklar yg via sms bli (y)

    Balas
  • 8 Oktober 2014 pukul 15.31
    Permalink

    mas bisa share coding untuk wavecom untuk menyalakan lampu, nanti kami beli kluada

    Balas
  • 15 Oktober 2014 pukul 15.29
    Permalink

    bli ini ahli bangetz di bidang microcontroler hebat bli,lanjutkan prestasimu babat negara lain, bli buat ram sodimm bisa ?

    Balas
  • 29 November 2014 pukul 07.27
    Permalink

    masta duwi mau tanya perna bikin aplikasi di android ynag bisa koneksi ke arduino soalnya aku mau bikin alat untuk mematikan/menyalakan motor lewat aplikasi di android lewat bluetooth tsb kalau punya modul nya berapa harga + bikin aplikasi android

    Balas
  • 2 Januari 2015 pukul 09.12
    Permalink

    Mas Duwi, sy coba2 belajar project sampean, tapi sy kesulitan cari Library komponen2nya (pke : EAGLE),ada beberapa yg sy g nemu contoh diproject ini sy kesulitan cari MEGA8-P untuk schematic-nya, bagi2 lib.-nya dong mas, trims ya

    Balas
  • 10 April 2015 pukul 23.04
    Permalink

    mas, jika berkenan, boleh sharing/minta source code nya 😀
    buat tugas akhir,.. makasih sebelumnya

    Balas
  • 2 November 2015 pukul 18.20
    Permalink

    cara connect relay controller ini dgn modul bluetooth gimana ya??? Tks.

    Balas
    • 2 November 2015 pukul 21.57
      Permalink

      konek seperti apa yang dimaksudkan? kabelnya kah atau cara menyambungkan hp dengan alat ini atau bagaimana?

      Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.