Timbangan mungkin sepintas bagi beberapa orang akan dianggap sepele karena hanya digunakan sebagai alat untuk mengukur berat suatu benda. Sebenarnya timbangan itu dapat kita gunakan untuk menghitung harga total dari benda yang ditimbang jika timbangan tersebut bisa diproses dalam bentuk data digital.

Beberapa minggu lalu saya pernah membuat sebuah timbangan digital menggunakan loadcell yang terhubung dengan lcd sebagai display berat benda yang ditimbang. Sebenarnya alat timbangan digital tersebut dapat di tambahkan dengan sebuah keypad sebagai inputan bilangan harga, yang diharapkan timbangan itu dapat menghitung harga total dari harga per kilogram sehingga pengguna tidak usah bersusah payah mengambil alat hitung untuk menghitung harga dari 200gr daging (misalnya).

Loadcell yang saya pergunakan adalah max 10kg dengan menggunakan ic INA125 sebagai amplifier signal sebelum masuk ke adc mikrokontroller. dan didalam coding mikrokontroller juga sudah dibuatkan mapping berat dari 0 sampai 10k terhadap nilai adc yang sudah dibaca mikrokontroller.

Berikut dibawah ini adalah timbangan digital yang sudah saya buat dan digunakan sebagai skripsi untuk syarat mendapatkan status sarjana, mungkin salah satu dari kamu ada yang ingin mengembangkan silahkan lihat referensi design saya dibawah ini.

[wpdm_file id=13]

Timbangan Digital
Baca juga  Merakit Sound System Murah

19 gagasan untuk “Timbangan Digital

  • 9 Oktober 2012 pukul 09.37
    Permalink

    Mantap bli.. ini produk asli bali ya?? maju terus bli.. videonya banyak banget di yutub bli…

    Balas
  • 21 Oktober 2012 pukul 15.20
    Permalink

    bli kira-kira sdh diproduksi apa belum? bgmn dg timbangan gantung apakah ada rencana juga untuk membuatnya? kalo mau beli bisa didapatkan dmn? suksma

    Balas
  • 13 November 2012 pukul 08.28
    Permalink

    beli mantapp..pingin belajar membuat timbangan beli…pencerahannya

    Balas
  • 31 Desember 2012 pukul 05.34
    Permalink

    bisa minta rangkaiannya gan?

    Balas
  • 31 Desember 2012 pukul 05.38
    Permalink

    bisa minta rangkaiannya gan??

    Balas
  • 11 Maret 2013 pukul 02.32
    Permalink

    gun kalau untuk timbangan bs gk?
    yg berat diukur bs 200 kg?

    Balas
  • 20 September 2013 pukul 17.27
    Permalink

    Mas boleh minta rangkaiannya ?
    Saya tertarik mas, apakah ada menu untuk cara mengkalibrasi timbangan tersebut ?

    Balas
    • 21 September 2013 pukul 11.53
      Permalink

      Rangkaian tidak ada mas, karena saya langsung bikin layout tanpa skematik. dan kalibrasi dilakukan saat pertama kali dinyalakan

      Balas
  • 20 September 2013 pukul 17.31
    Permalink

    Mantap Mas , Produk indonesia

    Balas
  • 23 September 2013 pukul 11.22
    Permalink

    Mas . untuk menu diindikator tersebut apa saja? apakah bisa ditambahkan menu untuk meng input manual ukuran panjang. kalau kita mau ukur gaya. tks
    mas mohon sms ke no saya 0857 1792 3756. tks
    saya tertarik mau membeli indikatornya mas.

    Balas
  • 23 September 2013 pukul 13.30
    Permalink

    mas maksud saya indikatornya itu display yang menampilkan berat benda sedangkan loaccellnya saya beli sendiri piya, bisa ga mas?
    Mas displaynya itu hanya menunjukan berat aja ya? tidak ada menu yang lain seperti harga atau jumlah ?
    Mas no hp yang 9443 da tidak aktif ya. bisa di email ke saya ‘aswanpurnomo@gmail.com’ no hanya tks

    Balas
    • 27 September 2013 pukul 13.29
      Permalink

      Tidak bisa mas, karena coding nya masih fix pakai mapping sesuai sensor yang saya pakai saat itu. kalau menunjukkan harga yang di video diatas jelas tidak bisa, tapi kalau memang dibuatkan pasti bisa mas.. silahkan..

      Balas
  • 23 September 2013 pukul 16.09
    Permalink

    Mas piye? Tks

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.