Berita Terbaru

Kisah Lampu Projector

Kisah ini saya ceritakan dengan aktor utama adalah si Lcd Projector. beberapa minggu lalu saya kembali mendapatkan sebuah sumbangan dari bapak Rudi (Nusa Dua). Sebelumnya pak rudi sudah menyumbangkan juga sebuah lcd laptop yang telah saya sulap menjadi monitor lcd normal. silahkan cek disini. Sekarang saya mendapatkan sebuah lcd projector dari pak rudi yang kondisinya agak tidak normal. Mati dalam waktu 5 detik saat startup pertama dan lampu projector replacement nya sudah menyala.

di awal saya pikir hanya dengan mereset lamp hour nya saja bisa menyelesaikan masalah itu, tapi tidak. karena setiap 5 detik pertama lcd projector pasti langsung mati dan harus direstart lalu kembali lagi seperti itu. Sudah saya lakukan juga manipulasi di signal dari lamp controller menuju ke mainboard lcd projector yang membuat si main board merasa lampu itu baik baik aja. tapi tetap itu ga berpengaruh juga.

Si lampu menyala sangat terang, tapi hanya 5 detik dia langsung mati. Harga lampu projector paling murah yang 200watt saya tau berkisar 1.5jt sampai 2jt. tentunya saya tidak ingin mengeluarkan uang sebesar itu hanya untuk sebuah lampu, hehehe. saya lebih mending deh beli nasi aja setiap hari sama komponen di bengkel saya. dan hingga sampai titik jenuh membongkar tu projector saya taruh di gudang dulu sementara.

Beberapa hari kemudian ada seseorang yang menelpon dan mengatakan akan mampir ke bengkel saya sambil menyumbangkan sebuah projector juga. dan benar saja, Pak budarta datang membawa sebuah projector dengan merk sony. saat itu saya coba projector tersebut menyala dengan menampilkan warna ungu saja. tapi saya lihat indikator replace lamp nya tidak menyala, menandakan lampu itu masih oke.

Baca juga  Mengganti Rangkaian Driver Backlight TV LED

Pertama saya bongkar tu si projector sony saya lihat pertama adalah lampunya, ternyata lampunya retak dan hampir pecah namun bagian intinya masih oke. dan saya perhatikan lampu ini jauh lebih kecil dari yang punya pak rudi. Projector sebelumnya merk Sanyo dan ukuran besar, sedangkan ini sony ukuran kecil 150watt.

Tidak kehabisan akal saya tunggang tungging bikin lampu sony itu mau terpasang pada rumah si sanyo.. dengan sedikit bantuan plat besi dan kawat akhirnya lampu terpasang dengan kuat. dan saatnya untuk mencoba… jrenggg lampu projector sony dengan watt kecil menyala di projector sanyo. Hal yang saya lakukan langsung adalah mereset lamp hour nya si lampu projector.

untuk kamu yang punya projector dirumah dan mengalami maslah ini, kamu bisa oprek projector kamu seperti pengalaman saya ini. semoga pengalaman saya ini membantu kamu semua 🙂 salam dari Bali.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

TV Rusak Susah Menyala

Pernah ga kamu ngalamin pas mau nyalain TV rasa nya susah banget. Berkali kali kamu …