Berita Terbaru

Membuat Api Darurat Dengan Batu

Pernah kamu nonton film tentang manusia purba yang menyalakan api menggunakan batu? Waktu saya kecil sering sekali nonton film yang namanya flintstone baik yang versi kartun ataupun yang manusia aslinya. Disana bercerita tentang kehidupan manusia purba dengan sedikit polesan modern.

Sering kali diperlihatkan manusia purba saat akan membuat api unggun mereka saling membenturkan batu untuk menciptakan percikan api yang akan membakar umpukan kayu yang sudah disiapkan. Kalau dijaman sekarang ini kita mengenal namanya korek api, korek gas yang memudahkan kita untuk menyalakan api dengan bantuan gas alam. Jaman dulu belum ada yang namanya korek gas.

Bayangkan betapa sulitnya jaman dulu pakai batu untuk menyalakan api saja. Apa semua batu kalau dibenturkan akan menimbulkan api? tidak, tidak semua batu seperti itu. Dijaman modern sekarang ini sebenarnya kita masih menerapkan konsep purba tersebut hanya saja kita tidak membenturkan batu. Coba perhatikan korek gas yang sederhana, saat kita menyalakan nya ada batu api (sebutan pada umumnya) yang mengeluarkan percikan api saat roda besi kita tekan-gesek. Jadi jaman sekarang bukan dibenturkan, melainkan digesekkan dengan benda metal yaitu roda besi tadi. Nah yang lebih modern lagi sekarang koreknya pakai loncatan listrik yang bersal dari medan magnet disebutnya korek magnet.

Batu yang bisa mengeluarkan percikan api itu apa sih? kalau kita menyebutnya batu api. Tapi ingat kalian nama film purba tadi? judulnya FLINT STONE. ya nama batu api itu sebenarnya adalah judul dari film itu. batu itu bernama flint stone atau batu flint. Batu flint berasal dari proses endapan sejak jaman purba yang belum jelas proses nya, begitu yang saya baca.

Baca juga  5 Sayuran Penumbuh Rambut

Nah flint stone atau batu api ini sekarang sudah banyak dijual dalam bentuk alat bertahan hidup sebagai perlengkapan kamping yang digabung menjadi satu degan batu magnesium. Saya beberapa hari lalu membeli batu magnesium beserta flistone untuk mencobanya. Fungsi dari magnesium ini adalah untuk mempermudah terciptanya api saat kita susah mendapatkan bahan mudah terbakar disekitar kita. Magnesium yang dikikis saat diberikan sedikit percikan api akan mudah terbakar untuk memicu bahan lainnya juga ikut terbakar.

Pada video yang sudah saya buat ini saya tidak memanfaatkan batang magnesiumnya untuk membantu pembakaran karena bahan yang saya pakai sudah merupakan bahan yang mudah terbakar. Saya hanya menggesekkan batu flint atau batu api nya saja.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
RFID RC522 13.56MHz
views 3080
Supported card types: mifare1 S50, mifare1 S70 MIFARE Ultralight, mifare Pro, MIFARE DESFire Mifare RC522 RFID Reader/Writer Module menggunakan Phili...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Untuk seseorang yang suka berkebun tentunya menyiram tanaman adalah kegiatan yang wajib dan rutin harus …

Tinggalkan Balasan