Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki TV Layar Putih Kena Air

Memperbaiki TV Layar Putih Kena Air

Hari ini saya kedatangan sebuah TV LED yang dibilang lumayan besar yaitu 43″. Yang bawa adalah seorang engineering dari sebuah hotel. Jadi saya pikir ini adalah TV hotel.

Dia mengeluh kalau TV nya masih bisa dinyalakan, hanya saja gambar nya menjadi tidak berwarna dan dominan menampilkan warna putih saja.

Langsung saja saya bongkar TV tersebut karena saya berpikiran ini pasti cuma rusak di bagian TCON nya saja. karena TV dengan masalah warna pudar atau dominan putih, kerusakan nya ada pada tcon. Masalah ini sering saya bahas di channel youtube saya.

Tapi setelah saya buka ternyata yang rusak adalah bagian board yang ada pada panel LCD sehingga membuat TCON tidak maksimal bekerja. Kerusakan itu disebabkan oleh beberapa komponen yang mengalami oksidasi korosi akibat terkena air.

Hal ini menyebabkan tegangan tidak bisa tersalurkan dengan baik ke layar LCD. Dan juga biasanya kapasitor yang terkena bagian korosi ini akan langsung short atau konslet.

Layar dominan putih dan tidak berwarna
Bagian dalam TV LED
PCB pada layar lcd korosi

Setelah melakukan pembersihan dan mengganti kapasitor yang short tadi, kita juga harus memastikan kapasitor yang lainnya tidak mengalami masalah yang sama.

PCB yang mengalami korosi harus dibersihkan dengan baik dan juga dipastikan agar tidak ada jalur PCB yang terputus.

Pembersihan PCB

Jika terjadi jalur putus, kita harus menyambungnya tanpa mengganggu jalur yang lainnya. Karena jalur disekitar sudah mengalami korosi yang cukup parah, proses penyambungan jalur harus dilakukan secara hati hati agar tidak membuat konsleting baru nantinya.

Saat semua sudah dilakukan dengan baik dan tidak ada lagi komponen yang konslet akibat korosi terkena air tersebut, TV saya nyalakan.

TV pun menyala dengan normal dan warna muncul kembali dengan kontras yang normal. Tidak seperti sebelum nya yang dominan putih saja.

Baca juga  Menyalakan Peralatan Listrik dengan SMS
TV sudah normal kembali

Nah mungkin sekian dulu pengalaman saya tentang perbaikan TV yang terkena air sehingga mengakibatkan layarnya tidak mampu menampikan warna dengan baik. Semoga bermanfaat buat teman teman semuanya.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Layar monitor blank putih

Memperbaiki Layar Monitor Blank Putih

Kalau pada artikel sebelum nya saya membahas kerusakan monitor dengan layar bergaris yang berjudul “Memperbaiki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.