Berita Terbaru
Beranda » Service » Memperbaiki TV Tidak Muncul Gambar

Memperbaiki TV Tidak Muncul Gambar

Kalau di lingkungan kalian banyak yang sudah beralih dari TV tabung yang besar besar ke TV LCD atau LED, pasti pernah aja denger keluhan kalau TV mereka atau TV kamu tidak muncul gambar.

Tidak muncul gambar di TV biasanya bukan berarti TV tersebut mati. Malahan lebih sering TV LED atau LCD rusak tidak mau muncul gambar tapi suaranya masih ada dan jelas terdengar.

Nah sebelum kita masuk ke masalah yang saya alami dan ingin saya share ke temen temen. Saya mau jelasin kenapa itu terjadi dan apa masalah umum yang menjadi penyebab kerusakan tidak muncul nya gambar pada layar TV LED atau LCD.

Sebuah TV LED atau LCD memiliki lampu pada bagian belakang layarnya (tepat dibelakang lapisan LCD) yang berfungsi untuk memberikan sinar ke LCD agar gambar yang ditampilkan pada LCD lebih terlihat jelas. Ini berbeda dengan TV tabung atau TV yang lama. Kalau TV tabung, tidak ada lampu untuk buat dia terlihat gambar nya. Karena tembakan elektron ke layar tabung sudah sangat terang sehingga kita bisa melihat berbagai warna di layar kaca tabung tersebut.

Nah pada TV LED LCD, kalau lampu dibelakang layar atau sering disebut dengan backlight ini mati maka layar tidak dapat menampilkan apa apa.

Namun ada juga yang mengalami masalah lampu backlight nya masih menyala tapi tetap saja gambar nya tidak muncul.

Bagaimana membedakan kerusakan seperti itu? Cara nya adalah kalian hidupkan TV di ruangan gelap, Jika layar berpendar tapi tidak ada gambar sama sekali itu artinya hanya layar yang mati, backlight menyala. Namun jika gelap sama sekali, sudah dapat dipastikan hanya backlight yang mati. Tapi dengan catatan jika kalian terawang layarnya masih ada gambar samar samar.

Baca juga  FB Like Counter Dengan Seven Segment

Yang saya alami adalah backlight nya menyala tapi gambar nya tidak mau muncul dan suara masih normal. Ini berarti layar lcd tidak bekerja.

Seperti artikel sebelum nya saya sudah menjelaskan, kenapa layar tidak bekerja. Kalian bisa cek artikel “Memperbaiki Layar Monitor Blank Putih

Setelah saya melakukan pengecekan di bagian regulator pemberi tegangan ke layar LCD, ternyata tegangan disana bermasalah. Yang seharusnya terukur normal 12V ternyata jauh dibawah standar.

Untuk memastikan apa yang terjadi, saya pun melakukan pengukuran di blok menuju layar lcd dengan menggunakan Oscilloscope. Maka terlihatlah bahwa tegangan nya ripple atau tidak stabil. Tegangan tidak stabil ini menyebabkan rangkaian LCD tidak bisa bekerja.

Tegangan tidak stabil pada oscilloscope

Lalu saya lakukan pengukuran lanjutan, bahwa pemberi tegangan ke panel lcd melalui rangkaian stepdown yang menggunakan sebuah IC switching. Saya mencoba untuk menyuntikkan atau memberikan tegangan secara langsung dibagian yang rusak dengan power supply lain. Namun sebelum nya jalur pemberian tegangan aslinya saya putuskan dengan cara melepas sebuah induktor penghubung dari rangkaian regulator stepdown yang rusak tadi.

Induktor yang dilepas
Suntik tegangan 12V
TV langsung menyala.

Setelah melakukan penyuntikan tegangan 12V ternyata TV langsung menyala dengan normal, yang artinya kita hanya perlu menggantikan rangkaian regulator step down tadi. karena IC regulator nya sangat kecil dan tidak tau tipe nya apa. Saya menggantinya dengan menggunakan IC modul regulator yang lebih besar tapi dengan fungsi yang sama.

Rangkaian setelah dimodifikasi

IC yang rusak tadi di copot dan digantikan oleh modul regulator step down. Kalian juga bisa pesan modul yang sama melalui WA 085739786669

Setelah diganti TV pun bisa menyala dengan normal kembali. Untuk pemasangan kabel nya, bagian input modul pengganti kalian hubungkan ke tegangan terbesar di maiboard, lalu atur trimpot ke tegangan 12v lalu outnya kalian hubungkan ke induktor yang tadi kita lepas bagian menuju layar LCD nya. Beres deh.

Baca juga  Modifikasi Hardisk Laptop ke PC
TV normal dengan modifikasi

Untuk kalian yang masih bingung dengan foto tadi diatas, kalian bisa tonton video nya disini ya.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

status usb kelebihan arus dideteksi

USB Kelebihan Arus Pada TV Toshiba?

USB Kelebihan arus? hm… Kemarin sore ada pengalaman unik yang saya alami saat membongkar sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.