PCB adalah papan surga bagi para komponen komponen elektronika untuk berdiri dan tidur dengan kokoh nya 😀 . untuk kamu yang sering membuat rangkaian sendiri atau membuat rangkaian yang di dapat di internet ke dalam sebuah pcb tentunya ada saja kendala yang dihadapi.

Hal yang paling sering menjadi kendala untuk si PCB adalah adanya korosi atau pcb yang jamuran. hal ini tidak bisa kita hindarkan pada pcb yang jalur tembaganya tidak terlindungi sama sekali. untuk pcb yang dicetak pada pabrik tentunya tembaga terlindungi dengan aman oleh lapisan berwarna, yang biasanya warna tersebut adalah hijau. Untuk yang tidak terlindungi, sering sekali jamuran atau korosi membuat jalur mudah sekali terputus apalagi jika dilalui oleh arus besar seperti rangkaian power supply.

Dalam artikel ini saya membagi tips saya untuk cara mencegah terjadinya korosi pada pcb sekaligus juga mempercantik tampilan PCB. bagaimana caranya?

Saya menggunakan timah sebagai pelapis untuk setiap jalur tembaga yang ada pada pcb. coba lihat hasil yang dibawah ini, pcb nampak putih bersih saat dilapisi timah. bagaimana caranya agar rapi?

Sebelum kita menyolderkan timah pada semua jalur ada baiknya kita memberikan cairan yang namanya losfet dulu keseluruh permukaan pcb. kenapa demikian? kok ga langsung aja? ya , fungsi losfet untuk mempermudah timah menempel dan menyerap pada permukaan tembaga, seolah olah timah lebih mudah cair kalau sudah diberikan cairan ini saat disolder.

Jika tanpa cairan losfet maka biasanya timah akan bergumpal pada tembaga apalagi pada permukaan tembaga yang lebar, karena suhu yang menurun akibat permukaan tembaga yang terlalu lebar. Setelah semua terlapisi tentunya ada saja timah yang menumpuk di beberapa jalur walaupun sedikit ini sangat mengganggu penglihatan (jelek kelihatan nya). cara membersihkan nya? saya sendiri menggunakan wick yaitu sejeris serabut tembaga yang memang guakanya untuk membersihkan bekas timah pada papan pcb. biasanya alat ini dipakai pada tukang service hape.

Baca juga  Cara membersihkan bekas solder pada PCB

dibawah ini hasil pcb saya yang sudah jadi :D.

Mencegah korosi pada layout PCB

4 gagasan untuk “Mencegah korosi pada layout PCB

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.