Power Meter Online Berbasis Twitter

on
Categories: Cerita Saya, Produk

Power meter ya bisa itu; volt meter, ampere meter, watt meter, memang ada yang menjual alat seperti itu dipasaran. namun pada umumnya alat seperti itu dijual dengan kemampuan nya masing masing yang terpisah pada masing masing alat ukur atau pada satu alat ukur namun dengan penggunaan yang tidak bersamaan. Pada artikel saya sebelum nya yang berjudul “Similikiti Project” disana saya menampilkan alat buatan saya yang dapat bekerja secara bersamaan untuk mengukur tegangan, arus listrik dan juga daya listrik. Jika kamu ingin melihat alat saya secara keseluruhan silahkan klik disini.

Dari similikiti project itu saya menampilkan bahwa alat ini dapat juga berinteraksi dengan internet dan menulis status pada twitter tanpa campur tangan dari komputer sama sekali. Hanya diperlukan akses internet ke similikiti project, dan alat ini dapat melaporkan secara otomatis dari sensor yang terbaca.

Tak puas sampai disana, saya juga membuatkan sebuah program interface pada komputer yang akan digunakan menampilkan data sekaligus mencatat hasil pembacaan pada database (datalogger). Dengan dibantu teman saya Gusti Adi Perdana, akhirnya program saya sudah jadi dan dapat berfungsi untuk membaca data sensor sekaligus mencatatnya ke dalam database. selain itu juga terdapat cart atau grafik yang akan menampilkan perubahan data dari saat pertama kali alat dinyalakan dengan zooming data automatis maupun manual.

Alat ini sudah saya rancang dari pertengahan tahun 2012 dan awalnya ukuran similikiti hanya setengah dari yang ada sekarang, karena adanya penambahan fitur seperti power supply yang sudah onboard, alat ini ukuran nya menjadi lebih besar.

Saat ini, similikiti project ini sudah saya ajukan sebagai judul skripsi saya di Stikom-Bali jurusan S1 Sistem Komputer dan saya harapkan dalam waktu dekat saya sudah selesai dengan urusan skripsi lalu wisuda dan fokus kuliah di D-3 elektro Politeknik Negeri Bali. Sudah banyak uang terpakai untuk kuliah :D ingin cepat cepat tamat dan berkreasi lebih banyak.

Baca juga  Ikut Pameran di Politeknik Negeri Bali

Mari kita saksikan apa saja yang bisa dilakukan oleh alat saya ini.