Baru saja kemarin sore saya berkunjung ke WitaComputer, yaitu salah satu rekanan saya dalam bidang komputer. Disana ada gung gus teman saya yang bertidak sebagai manager disana. Niat saya kemarin berkunjung kesana hanya ingin mengembalikan handphone yang tidak selesai karena terbentur sparepart yang tidak ada dipasaran. Ternyata selain saya mengembalikan handphone yang diservice tersebut, gung gus juga mengatakan bahwa ada satu buah monitor LCD dengan merk LG yang rusak. Gung gus mengatakan bahwa LCD tersebut mati total dan sama sekali tidak menampilkan apapun termasuk led indikator.

Sebelum saya membawa monitor LCD tersebut, saya menguji monitor tersebut terlebih dahulu untuk memastikan bagaimana kondisi yang sebenarnya. Setelh memberikan supply dan mencoba untuk menyalakan, ternyata memang benar LCD monitor tersebut mati dan led indikator juga tidak menampilkan apapun.

Mengantuk sampai dirumah, saya pun baru bisa membongkar monitor tersebut hari ini. Sepulang dari saya kuliah di Politeknik Negeri Bali yang jauh di bukit Jimbaran, saya membongkar monitor tersebut dengan perlahan karena ukuran nya yang lumayan besar yaitu 19″.

Setelah LCD panel terlepas dari casing, bagian regulator dan mainboard pun saya pisahkan untuk mempermudah saya dalam pengukuran. Namun belum saya melakukan pengukuran saat memisahkan blok tersebut, saya telah melihat sebuah kapasitor yang rusak mengembung di bagian keluaran 5volt regulator.Tentu saja saya langsung curiga bahwa inilah penyebabnya.

Tidak mau gegabah saya tetap melakukan cek tegangan dengan memberikan tegangan listrik ke regulator tersebut dan melakukan pengukuran. Hasilnya tegangan ada namun tidak stabil dan drop hingga 3volt yang normalnya adalah 5volt, hal tersebut sudah tentu mempengaruhi mainboard pada saat start up. Langsung saja saya ganti kapasitor tersebut dengan nilai yang sama dan langsung mengujinya. Hasil akhirnya, monitor dapat menyala dengan sangat baik tanpa adanya cacat gambar.

 1,616 total views

Monitor LCD LG Mati Total
Baca juga  TV Plasma Tidak Ada Gambar Tapi Ada Suara

4 gagasan untuk “Monitor LCD LG Mati Total

  • 22 Januari 2012 pukul 19.41
    Permalink

    Terimakasih bli.. sy jg mengalami kasus yg sm, sy coba cari di power suply pc yg tdk terpakai ternyata ada yg nilainya sama.. dasarnya sih mau beli tp dananya minim, jadi coba bongkar dulu, eh kondisi yg bikin kita jadi pintar kadang2, apalagi ditambah kenal sm si mbah Google.. hehe.. terimakasih share nya ya..

    Balas
  • 5 Desember 2013 pukul 22.55
    Permalink

    salam kenal bli…
    saya dari medan mau minta bantuannya/pencerahannya mengenai power supplay monitor lg yang saya benerin awalnya padam, setelah saya priksa ada elco kembung yang 450volt nya, setelah saya ganti dengan yang baru tapi masalah tetap. setelah saya ukur tegangan di elco sekita 293 volt dan saya ukur tegangan setelah travo swicing tegangan tidak ada ? mohon bli bantuannya ,,,pening x aku di buat nya bli…

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.