Nah menyambung tentang artikel saya sebelum nya yang berjudul “Security sistem berbasis sms gateway” sekarang alat tersebut sudah selesai saya solder. Tapi mmasih belum semua komponen yang ada pada papan pcb tersebut saya solder.

Sekarang hanya modus monitoring nya saja yang aktif, yang lainnya menyusul pada artikel berikutnya ya.

Nah pada artikel ini alat yang sudah saya solder disini akan mampu meembaca suhu ddan menampilkannya ke lcd sekaligus juga melaporkannya melalui sms saat melebihi atau dibawah dari batas yang ditentukan. Batas ini bisa kamu ubah sesuka hati dan dapat tersimpan otomatis ke dalam memory mikrokontroller nya, sehingga kamu tidak usah repot repot lagi menyeting ulang saat terjadi mati lisstrik.

Coding pertama yang terpenting dalam project ini adalah coding pembacaan dari sensor suhu yang digunakan, yaitu LM35. dilihat dari datasheet nya LM35 maka dapat kamu lihat berapa kenaikan tegangan terhadap 1 derajat celcius nya. karakteristik ini akan menghasilkan rumusan coding sebaggai berikut dengan tegangan 5v.

hasil=(5.0*reading*100.0)/1024.0;

Nah perhitungan tersebut akan menghasilkan suhu dalam satuan Celcius, untuk perhitungan dalam satuan suhu lainnya kamu ddapat melakukan konversi sesuai aturan saatuan  suhu lainnya terhadap satuan celcius.

Coding kedua yang tidak kalah penting nya adalah coding untuk menampilkan karakter pada layar LCD. Karena disini kita menggunakan library lcd maka coding akan menjadi lebih sederhana.

#include <LiquidCrystal.h> //menggunakan library lcd

lcd.print("Temp. : ");//cetak karakter Temp. : pada lcd

Tentunya untuk dapat berkomunikasi dengan modem dan dapat mengirimkan sms ke hape si yang punya alat kamu perlu mengetahui dasar dasar ATCOMMAND yang digunakan untuk memerintah modem mengirim sms. Contoh coding dapat kamu lihat dibawah ini.

gsm.println("AT+CMGF=1");//modus sms text
 delay(100);
gsm.print("AT+CMGS="); //menentkan nomor tujuan
 delay(100);
gsm.write((byte)34);// karakter "
 delay(100);
gsm.print(hape);//no hape
 delay(100);
gsm.write((byte)34); // karakter "
 delay(100);
gsm.println();//enter
 delay(100);
gsm.print("Suhu Ruangan tinggi!!! : ");
 delay(100);
gsm.print(hasil);
 delay(100);
gsm.write((byte)26); // CTRL+Z
 delay(100);

Nah coba perhatikan coding diatas, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum mengirim sms. dimana pertama kita harus mengubah mode modem kita ke mode text atau sms, dan selanjutnya menentukan nomer tujuan kita. nah kalau dilihat tentunya ini sangat mirip denngaan apa yang kita lakukan secara fisik di handphone. Untuk referensi ATCommand kamu bisa download pdf berikut.

Baca juga  Kit Melajah Mikro dari Bali

Bagaimana dengan si alat mengetahui suhu tersebut melebihi atau kurang dari batas yang ditentukan? tentunya disini kita akan menambahkan coding bagaimana JIKA. kalau saya sih pas bikin coding selalu membayang kata jika ini maka begitu, jadi deh coding di bawah ini.

if(hasil>value)
   {
    if(sms==1)
    {
      kirim();
    }
    sms=0;
   }

Nah dengaann coding srhana itu, si mikrokontroller kamu suudah dapat me monitoring suhu lewat sms dan LCD sekaligus lho. masih bingung ?/ download aja full code nya dan lihat penampakan dari alat yang saya buat pada foto dan video dibawah ini.

 

download full coding
Download Layout

Loading

Monitoring Suhu lewat Sms dan LCD

6 gagasan untuk “Monitoring Suhu lewat Sms dan LCD

  • 28 Mei 2014 pukul 20.21
    Permalink

    Gan, layout rangkaiannya ga ada keterangan komponen-komponennya..
    Bisa minta rangkaian layout lengkapnya ga? Thx sebelumnya, semoga sukses..

    Balas
  • 11 Juli 2014 pukul 08.32
    Permalink

    bli,saya mau tanya. cara sim900 membalas sms si pengirim secara otomatis. sim900 sebagai penerima sms dari user. mohon pencerahannya. suksma 🙂

    Balas
  • 5 Juli 2015 pukul 14.57
    Permalink

    Mas Dwi,
    Saya punya alat ATmega8535, Sensor LM35, Buzzer, LCD16x2 dan Modem Wavecom. Apakah support untuk dibuat alat monitoring suhu ruangan denga Output : Buzzer, Tampil di LCD dan Notif ke SMS.
    Mohon pencerahanya mas ….
    Thanx

    Balas
    • 5 Juli 2015 pukul 19.58
      Permalink

      mikrokontroller apapun bisa dipakai mas untuk membuat project seperti itu, yang terpenting adalah coding dari alat itu sendiri yang menentukan bisa atau tidaknya. karena mikro ke modem komunikasi serial maka harus berkomunikasi dengan benar berdasarkan aturan ATCOMMAND

      Balas
      • 21 Desember 2015 pukul 16.10
        Permalink

        mas duwi, boleh minta full coding alarm maling sms gak mas ? tolong banget mas, soalnya mau aku jadiin referensi tugas akhir aku mas, makasih sebelumnya ^^

        Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.