Halo temen temen, uda lama nih duwiarsana.com ga bikin artikel tentang elektronik lagi. Ada kayaknya lebi dari sebulan ya :D.

Mohon maaf temen temen, kemarin itu saya masih sibuk pindahan barang barang dari rumah di jalan tukad pakerisan ke toko baru di jalan tukad yeh aya.

Udah ada kayaknya hampir 2 bulan saja janji ke temen temen di Page FB duwiarsana.com untuk menjelaskan serta membagikan rangkaian jam digital sederhana yang dapat menyala tanpa harus menggunakan program pada mikrokontroller.

Jam digital biasanya menggunakan program pada sebuah mikrokontroler untuk dapat menampilkan angka pada display seven segment nya, sehingga selain dapat menampilkan informasi waktu, yaitu jam menit dan detik, jam tersebut juga mampu menampilkan data kalender dan bahkan mungkin sampai alarm. Seperti produk jam digital yang dulu pernah saya buat pada artikel di link tombol ini.

[button color=”blue” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/download-full-project-jam-digital-gratis/” icon=”” target=”false”]Jam digital Mikrokontroler[/button]

Nah sesuai dengan janji saya akan berbagi rangkaian jam digital sederhana yang tanpa program mikrokontroler itu, pertama yang harus kalian ketahui sebelum memulai untuk membuat jam ini adalah memahami bagaimana konsep dari sebuah rangkaian penghitung maju dan mundur tanpa menggunakan mikrokontroler.

Penjelasan tentang rangkaian penghitung maju dan mundur tanpa menggunakan mikrokontroler dapat kamu lihat pada link di tombol ini.

[button color=”orange” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/membuat-rangkaian-counter-up-counter-down/” icon=”” target=”true”]Rangkaian Counter Up[/button]

Kenapa kita harus memahami rangkaian penghitung maju dan mundur? karena dalam membuat sebuah jam tentunya angka yang ada pada tampilan jam tersebut akan selalu dihitung maju setiap detiknya atau dihitung mundur mungkin saat kita akan menyesuaikan angka waktu yang dibuat. Tanpa memahami dari bagaimana sebuah rangkaian penghitung maju atau yang biasa disebut counter up bekerja, tentunya nanti kita akan merasa kesulitan memahami rangkaian jam yang terdiri dari penggabungan beberapa rangkaian counter up.

Baca juga  Service TV LED 3D 50" Mati

Jadi kalau jam digital 6 digit akan ada 6 buah rangkaian dasar untuk counter up. Nah seperti rangkaian counter up di artikel sebelum nya, kita disini masih menggunakan IC yang sama yaitu sebuah ic 74192 yang bisa dipakai untuk hitung maju dan mundur tergantung dapi pin mana sumber clock diberikan. Kalau masuk ke pin count up jadilah dia counter up. Kalau masuk ke pin count down nanti dia jadi counter down.

[ads1]

Tentunya sesuai gambar rangkaian dasar nya display seven segment disini bersifat simulasi yang artinya dia akan menampilkan logika saja bahwa pin atau jalur seven segment akan menyala seperti itu. Untuk rangkaian pada kenyataan ya seperti apa? kamu bisa melihat artikel saya tentang membuat seven segment ukuran besar disini.

[button color=”green” size=”medium” link=”https://duwiarsana.com/cara-membuat-seven-segment-besar/” icon=”” target=”false”]Cara Membuat Seven Segment Besar[/button]

Disana telah dijelaskan bagaimana kita bisa membuat sebuah seven segment ukuran besar yang inputnya dapat langsung kamu sambungkan ke rangkaian counter up down dasar untuk jam digital ini.

Biar kamu ga bingung kamu bisa lihat penjelasan nya langsung pada video yang sudah saya siapkan disini, disana saya menjelaskan bagaimana rangkaian ini dapat bekerja menampilkan angka waktu sebagai sebuah jam digital.

Rangkaian simulasi ini juga kamu dapat download secara gratis pada tombol download yang sudah disediakan. Dan kamu dapat membuka serta menjalankan simulasinya pada Software proteus seri 8 (saya pakai service pack 3).

Download link :

[sociallocker]

[button color=”green” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/krjwzjhl5nyk3kg/jam%20digital%20tanpa%20mikro.pdsprj?dl=0″ icon=”” target=”false”]Download File Simulasi[/button][/sociallocker]

Rangkaian Jam Digital Sederhana

6 gagasan untuk “Rangkaian Jam Digital Sederhana

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.