Sistem keamanan berbasis arduino. Saya katakan berbasis arduino karena disini saya benar benar menggunakan sebuah board arduino dalam rangkaian atau project sistem keamanan ini.

Bukan karena malas membuat design pcb nya, tapi karena kebetulan order nya dari temen minta untuk dibuat menggunakan board arduino nya langsung.

Sistem keamanan seperti ini sebenarnya sudah pernah saya bahas beberapa tahun lalu, cuma belum sempat terealisasi. yaitu dalam video tentang smart home yang dapat mengetahui suhu ruangan dan juga menyalakan peralatan listrik hanya dengan menggunakan perintah sms dari handphone kita. Dalam video itu saya juga menjelaskan bahwa kalau sebuah pintu rumah terbuka tanpa sepengetahuan kita atau saat kita mengaktifkan mode security namun ada yang membuka pintu secara paksa maka sistem akan mengirimkan sms pemberitahuan ke pemilik rumah.

Sekarang saya akan me-share project tersebut dalam artikel ini 😀

Ga nyangka video itu uda 3 tahun lalu, baru sekarang saya bikin rangkaian nya wkwkwk ..

tentunya sebelum membuat rangkaian ini ada beberapa komponen yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, beberapanya adalah :

  • arduino uno
  • magnetic switch (sensor pintu)
  • modul gsm
  • buzzer
  • adaptor 12v (pilihan)

Cukup sederhana kan komponen yang akan kita gunakan ? nah untuk hubungan kabel kalian tidak usah bingung. yang perlu diperhatikan disini sebenarnya adalah coding arduino nya, kenapa gitu? ya karena dengan membaca coding arduino nya kamu uda bisa melihat dimana menghubungkan kabel sensor dan yang lainnya pada board arduino. Atau bahkan kamu malah bisa mengubah nya :D.

Untuk video smart home yang saya maksud tadi kamu bisa lihat di video ini nih.

Kalau rangkaian sistem keamanan nya kamu bisa cek pada video yang ini. rangkaian nya kalau kamu perhatikan, saya meggunakan modul gsm yang lebih kecil. Maklum beda 3 tahun antara video atas dan bawah, teknologinya lebih disederhanakan oleh distributor cina. 😀

Baca juga  Belajar membuat thermometer seven segment

[ads1]

Nah coba deh nonton dulu video nya, kalau kamu tertarik mau bikin yang serupa dengan saya, kamu bisa download gratis coding nya pada link dibawah ini, jangan lupa untuk melengkapi library sesuai dengan file header yang tertera pada coding biar ga error nanti coding nya saat compile atau upload coding ke arduino nya.

[sociallocker id=2480]download-button[/sociallocker]

Loading

Sistem Keamanan Berbasis Arduino

4 gagasan untuk “Sistem Keamanan Berbasis Arduino

  • 8 Juli 2016 pukul 13.53
    Permalink

    bisakah alarm nya selain ngirim sms juga berupa missed cal ? sebab sms seringkali diabaikan atau di buka belakangan. tapi kalo missed call pasti hp langsung dilihat. tks

    Balas
  • 29 Juli 2016 pukul 08.15
    Permalink

    duwiarsana.com manfaat bangt… ilmunya gak da yang ditutupi… intrested bngt… baru baca sekali langsung tuh ketertarikan full ma blog ini… lanjutkan mas broooo …. sangat inspiratif bagi kita2 yang memulai ketertarikan di electro… bisa jadi kelak ada bibit generasi yang belajar dari blog ini yang bisa mengharumkan nama bangsa..Amiiin

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.