Timer Delphi Mikrokontroller

on
Categories: Mikrokontroller, Produk, Software

Timer dengan menggunakan delphi sebagai interface dan juga mikrokontroller sebagai alat pengendali akhir tentunya sudah ada yang pernah membuatnya, namun untuk kamu yang belum pernah membuatnya pada artikel ini saya akan menceritakan yang saya buat, yaitu “Kendali Listrik Berbasis Delphi” untuk yang belum baca silahkan klik disini, disana saya menerangkan tentang pembuatan interface untuk pengendali listrik 8 channel yang dapat menghidupkan dan mematikan relay dari interface komputer. Dengan berdasarkan program tersebut, saya mengembangkan sedikit dengan menambahkan komponen timer pada delphi untuk dapat menampilkan jam yang nantinya saya gunakan sebagai pembanding untuk timer menyalakan salah satu relay tersebut.

Tentunya untuk membuat sebuah timer kita harus memasukkan waktu yang telah ditentukan sebagai batas waktu on dan juga waktu yang telah ditentukan sebagai batas waktu off. Pada program yang saya buat disini saya meletakkan dua buah text box yang saya gunakan sebagai perbandingan untuk trigger on dan off tersebut. Dengan mempergunakan format yang sesuai dengan waktu yang ditampilkan, textbox tersebut bisa digunakan sebagai pembatas on dan off. Tentunya dalam pembuatan program interface nya yang dibandingkan adalah text dari text box terhadap label dari jam yang ditulis oleh komponen timer itu sendiri.

dan dengan menggunakan logika if else saya seperti : jika tulisan sama dengan textbox pertama maka relay 1 menyala dan jika tulisan pada textbox kedua sama dengan label maka relay 1 off. logika tersebut dapat digandakan untuk keperluan timer yang lebih banyak lagi. misalkan dalam satu hari kita ingin ada proses on dan off yang banyak di jam jam tertentu, tentunya dengan program yang sederhana ini dapat kamu kembangkan lagi untuk keperluan tersebut.

Baca juga  Security sistem Berbasis SMS Gateway

untuk coding dari perangkat mikrokontroller bisa kamu download pada link dibawah ini :

Coding mikrokontroller.

Dan untuk download program jadinya bisa disini :

 

Download program :

Program download

[wpdm_file id=12]