Berita Terbaru

Rangkaian Jam Digital Sederhana

Halo temen temen, uda lama nih duwiarsana.com ga bikin artikel tentang elektronik lagi. Ada kayaknya lebi dari sebulan ya :D.

Mohon maaf temen temen, kemarin itu saya masih sibuk pindahan barang barang dari rumah di jalan tukad pakerisan ke toko baru di jalan tukad yeh aya.

Udah ada kayaknya hampir 2 bulan saja janji ke temen temen di Page FB duwiarsana.com untuk menjelaskan serta membagikan rangkaian jam digital sederhana yang dapat menyala tanpa harus menggunakan program pada mikrokontroller.

Jam digital biasanya menggunakan program pada sebuah mikrokontroler untuk dapat menampilkan angka pada display seven segment nya, sehingga selain dapat menampilkan informasi waktu, yaitu jam menit dan detik, jam tersebut juga mampu menampilkan data kalender dan bahkan mungkin sampai alarm. Seperti produk jam digital yang dulu pernah saya buat pada artikel di link tombol ini.

Jam digital Mikrokontroler

Nah sesuai dengan janji saya akan berbagi rangkaian jam digital sederhana yang tanpa program mikrokontroler itu, pertama yang harus kalian ketahui sebelum memulai untuk membuat jam ini adalah memahami bagaimana konsep dari sebuah rangkaian penghitung maju dan mundur tanpa menggunakan mikrokontroler.

Penjelasan tentang rangkaian penghitung maju dan mundur tanpa menggunakan mikrokontroler dapat kamu lihat pada link di tombol ini.

Rangkaian Counter Up

Kenapa kita harus memahami rangkaian penghitung maju dan mundur? karena dalam membuat sebuah jam tentunya angka yang ada pada tampilan jam tersebut akan selalu dihitung maju setiap detiknya atau dihitung mundur mungkin saat kita akan menyesuaikan angka waktu yang dibuat. Tanpa memahami dari bagaimana sebuah rangkaian penghitung maju atau yang biasa disebut counter up bekerja, tentunya nanti kita akan merasa kesulitan memahami rangkaian jam yang terdiri dari penggabungan beberapa rangkaian counter up.

Jadi kalau jam digital 6 digit akan ada 6 buah rangkaian dasar untuk counter up. Nah seperti rangkaian counter up di artikel sebelum nya, kita disini masih menggunakan IC yang sama yaitu sebuah ic 74192 yang bisa dipakai untuk hitung maju dan mundur tergantung dapi pin mana sumber clock diberikan. Kalau masuk ke pin count up jadilah dia counter up. Kalau masuk ke pin count down nanti dia jadi counter down.

Tentunya sesuai gambar rangkaian dasar nya display seven segment disini bersifat simulasi yang artinya dia akan menampilkan logika saja bahwa pin atau jalur seven segment akan menyala seperti itu. Untuk rangkaian pada kenyataan ya seperti apa? kamu bisa melihat artikel saya tentang membuat seven segment ukuran besar disini.

Cara Membuat Seven Segment Besar

Disana telah dijelaskan bagaimana kita bisa membuat sebuah seven segment ukuran besar yang inputnya dapat langsung kamu sambungkan ke rangkaian counter up down dasar untuk jam digital ini.

Biar kamu ga bingung kamu bisa lihat penjelasan nya langsung pada video yang sudah saya siapkan disini, disana saya menjelaskan bagaimana rangkaian ini dapat bekerja menampilkan angka waktu sebagai sebuah jam digital.

Rangkaian simulasi ini juga kamu dapat download secara gratis pada tombol download yang sudah disediakan. Dan kamu dapat membuka serta menjalankan simulasinya pada Software proteus seri 8 (saya pakai service pack 3).

Download link :

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Skematik ESR Meter
views 4987
Esr Meter, Beberapa minggu lalu duwiarsana.com pernah mengeluarkan sebuah alat yang bernama komponen tester pada artikel disini. Komponen tester terse...
Jual Kontroler Jam Sholat Wireless Android
views 215
Bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri udah deket nih. Kontroler jam sholat banyak yang nyari. Biasanya bulan seperti ini mulai banyak temen yang nan...
Rangkaian Saklar Bluetooth 2 Relay
views 1552
Tumben saya bikin sebuah saklar bluetooth cuma pakai 2 relay aja nih. Waktu itu kan lagi musim musim nya bikin ogoh ogoh di sekitar tempat saya tingg...
MP3 langka dengan fungsi Remote
views 933
MP3 TERBAKAR Entah karena keseringan di charge atau apa, Mp3 hand made buatan saya yang bernama MP3 PACULSOUND akhirnya melendung batterai lippo nya...
Sistem Penjualan Berbasis RFID
views 687
Bicara tentang sistem penjualan berbasis rfid, dulu sekali pas saya masih kuliah saya pernah membuat sebuah sistem penjualan sederhana yang masih inpu...
Cara Download di duwiarsana.com
views 954
Kamu pernah atau sering ingin atau akan mendownload beberapa konten di duwiarsana.com? hampir semua file mulai dari skematik, layout atau bahkan codin...
Membuat Penggaris Digital Arduino
views 3234
Mau tau cara bikin penggaris digital dengan arduino? Penggaris seperti kita tau adalah alat yang dipakai untuk mengukur jarak antara dua titik ukur. ...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang tukang service serabutan dari desa Panjer, Denpasar Bali. Senang bercerita tentang kegiatan sehari hari di blog dalam bentuk tulisan tulisan ngawur maupun di youtube dalam bentuk video yang ga jelas.

Baca juga

Download Project Kontroler Jadwal Sholat

Sesuai dengan janji saya pada video youtube yang sudah saya posting duluan, sekarang saya akan …

6 komentar

  1. gak bisa dibuka di isis gan
    tulisannya Corrup or not an isis schematic

  2. Ternyata waktu nya tidak akurat mas….
    Setelah 2 hari ada perbedaan waktu kurang, lebih kurang 2 jam.

  3. gan, brapa harga kit jam digitalnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =