Berita Terbaru

Mau Bikin Sepeda Listrik Ngebut

Ide untuk membuat sepeda listrik yang bisa lari ngebut seperti sepeda motor sebenarnya sudah dari lama pengen tak wujud’in.

Sepeda listrik atau ada juga yang motor listrik yang dijual di pasaran umumnya dijual dengan kecepatan yang tidak terlalu wah. Ya, mungkin paling kenceng mentok 30km/jam untuk penggunaan rumahan.

Eh tapi sekarang denger denger ada developer indonesia yang sedang membangun pabrik motor listrik yang bisa melaju sampai 70km/jam dan body nya sepintas saya lihat mirip sama motor matic Vario.

Akhirnya ga mau ketinggalan momen akhirnya saya order deh 2 Motor hub (gitu nyebutnya) dengan kekuatan 3kw atau 3000Watt dan satunya 1000Watt. Sebagai perbandingan, sepeda listrik yang umum dijual biasanya memiliki daya paling besar 350Watt. nah sekarang saya pakai yang 3000Watt, hampir 10 kali lipat tuh kekuatan nya.

Namun saat semua part sudah sampai di Bali, ternyata ada kendala yang paling kritis saya alami, yaitu battery.

Beberapa distributor di China tempat saya biasa belanja tidak dapat mengirimkan battery ke Indonesia kecuali saya memiliki forwarder disana yang bisa melakukan itu, begitu kata sales nya. Selain itu harga Pengiriman yang melebihi harga battery itu sendiri bikin saya pikir ulang untuk beli battery nya. Belum lagi ongkos pajak import yang kadang kadang juga malah lebih mahal dari benda yang saya beli.

Akhirnya saya memutuskan “mungkin” akan menggunakan battery bekas yang dijual di toko onlen indonesia. Battery bekas laptop atau vape dengan kode 18650 dijual sekitar 6000 sampai 15000 di Indonesia. Walau mungkin kapasitasnya aga meragukan (karena bekas) tapi ini salah satu cara untuk membuktikan bahwa sepeda listrik yang akan saya buat disini memang bisa dipakai ngebut nantinya.

Baca juga  Instal OS Raspberry Pi

Battery yang saya perlukan nantinya akan berjumlah 20s10p yang artinya 20 battery dirangkai secara seri dengan jumlah 10 set dirangkai pararel sehingga kalau menggunakan battery dengan kapasitas 3AH akan menghasilkan Arus sebesar 30AH dengan tegangan +72V sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan untuk kontroler dan motor yang saya beli ini.

Untuk rangka nya saya berencana untuk menggabungkan beberapa rangka sepeda bekas dengan sedikit keahlian ngelas yang saya punya. Semoga aja rangka nya ga ambruk nanti wkwkwk.

Mungkin nanti kalau ada perkembangan lagi tentang battery ataupun rangka yang saya buat saya akan update lagi ceritanya.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Proyektor Mini Layar Sentuh Premium ZTE SPRO 2
views 7906
Halo teman teman, ngomongin masalah gadget terbaru, ZTE yang biasa saya kenal sebagai merek terkenal dibidang handphone sekarang sudah memiliki sebuah...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

TV LED Panasonic Mati Total

Beberapa hari lalu saya mendapatkan telepon dari villa sodara saya kalau ada TV yang rusak …

Tinggalkan Balasan