Berita Terbaru

Membuat Rangkaian Printer Antrian Sederhana

Halo temen temen, hari ini saya akan berbagi kepada temen semua bagaimana cara saya membuat sebuah mesin atau alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak karcis antrian secara praktis dan murah tanpa menggunakan komputer dalam operasinya. Saya sebut sebagai rangkaian printer antrian sederhana.

Alat printer karcis ini adalah sebuah printer yang saya hubungkan dengan rangkaian mikrokontroller buatan saya, dimana nanti si printer ini dapat mencetak nomor antrian (dalam kasus ini).

Sebenar nya tidak cuma nomor antrian saja yang bisa kalian cetak dengan rangkaian pada artikel printer antrian sederhana ini, hal lainpun bisa. Misalkan mencetak sebuah data online dari internet bahkan tanpa komputer sekalipun.

Alat dan Bahan

Oke untuk dapat membuat alat ini beberapa bahan yang harus kalian siapkan diantara nya adalah :

  1. Minimum sistem duwiarsana.com
  2. Modul RTC
  3. Printer Thermal TTL
  4. Tactile Switch x3
  5. Kabel Jumper (secukupnya)

Untuk minimum sistem mikrokontroller buatan duwiarsana.com kalian bisa lihat seperti pada gambar dibawah ini. Minimum sistem ini dilengkapi dengan header male dan female yang membuat kalian lebih fleksible untuk memilih kabel jumper yang akan digunakan. Selain intu minimum sistem ini dilengkapi dengan IC komunikasi serial yang memungkinkan kamu dapat mengupload program arduino ke minimum sistem ini layaknya arduino uno dan kawan kawan nya.

Nah untuk printer thermal nya, yang kita gunakan disini bukan printer thermal yang harganya jutaan seperti merk epson. Tapi disini kita hanya menggunakan printer thermal TTL yang harganya dibawah 500rbu. Printer thermal TTL berkomunikasi dengan alat yang akan kita buat melalui jalur komunikasi serial. Dengan hanya tegangan 5V 2A saja kita sudah bisa menyalakan printer ini, itu artinya mikrokontroller yang kita pakai bisa kita pararel catu daya nya dengan printer thermal ini.

Nah untuk modul RTC nya berfungsi cuma sebagai pemberi data tanggal dan waktu saja saat mencetak karcis antrian nya. Selain itu sih ga ada hehehe.. Kalau kalian ga isiin juga ga apa apa sih.

Coding Arduino

Nah kalau untuk coding printer antrian nya, jangan lupa sebelum mulai ngoding atau ngopi coding ini kalian lengkapi dulu library arduino yang digunakan pada project ini. Kalian bisa download semua file library nya pada link download yang sudah disediakan.

Baca juga  Membuat Display Timer Mundur

Kalian bisa edit coding diatas sesuai dengan keperluan, untuk yang mau download coding beserta library nya bisa download pada tombol download berikut.

Download Coding

Download library printer

Untuk yang mau beli komplit alat yang ada di artikel ini langsung aja hubungi whatsapp admin toko di :

WA 085739786669

Kalau kalian ga ngerti dengan arahan pada artikel printer antrian sederhana ini kalian bisa coba tonton video tutorial nya berikut ini semoga bisa membantu dalam pembuatan mesin karcis antrian yang sederhana ini.

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Turn On Lamp by Arduino, Bluetooth and Android Pho...
views 2301
After long time of making its application for android mobile phone, finally the video on how to use it could be produce.This is a device that can be u...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Project IoT ESP8266 ESP12E

Project yang ada di artikel ini sepenuh nya dicetak pada https://pcbway.com Nah kalau ngomongin project …

Tinggalkan Balasan