Berita Terbaru

Membuat Kamera WiFi Arduino

Membuat kamera wifi arduino, dari judulnya tentu temen temen bisa sedikit membayangkan kalau project yang akan kita bahas disini adalah sebuah kamera yang terhubung dengan koneksi Wifi. Koneksi wifi ini nantinya akan beguna untuk mengirimkan gambar yang ditangkap oleh kamera ke pengguna atau user yang merequest gambar tersebut.

Karena judul nya adalah membuat kamera wifi arduino, sudah pasti alat ini akan kita program dengan menggunakan software arduino IDE.

Nah untuk membuat nya, alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk bisa menciptakan kamera wifi arduino ini? berikut adalah kelengkapan nya.

 

Alat dan bahan :

  • Nodemcu ESP12E
  • Module SD card reader + memory card
  • Kamera TTL
  • Sensor suhu (optional)
  • Kabel Jumper

Dalam pemuatan nya kalian harus memiliki minimal komponen yang disebutkan diatas.

Nodemcu sendiri berfungsi sebagai mikrokontroler utama sekaligus sebagai module wifi yang memberikan koneksi wireless ke router atau akses point penyedia akses internet nantinya. Sedangkan kamera TTL disini maksudnya adalah sebuah kamera yang memiliki jalur komunikasi TTL atau serial yang dapat dihubungkan ke mikrokontroller sebagai jalur komunikasinya. Kamera biasa seperti CCTV analog yang hanya memiliki output video (composite) tidak bisa digunakan dalam project ini. sedangkan sensor suhu hanya pilihan saja, kalian bisa tidak menggunakan sensor suhu untuk membuat project ini.

Saya sendiri saat melakukan perakitan dan ujicoba rangkaian ini langsung memutuskan untuk menggambar ulang rangkaian kamera wifi arduino ini. Hal tersebut agar membuat ukuran pcb nya menjadi lebih kecil dan ringkas.

Bayangkan saja ukuran nodemcu yang cukup besar ditambah dengan modul card reader dihubungkan dengan kabel jumper yang cukup banyak akan membuat tampilan dari rangkaian kita menjadi kurang enak dilihat.

 

Skematik Rangkaian :

Gambar rangkaian ini digambar dengan menggunakan software Eagle PCB, dan dari gambar skematik ini dibuatlah layout yang berukuran sangat kecil, bahkan ukuran nya bisa menjadi setengah dari ukuran nodemcu itu sendiri.

 

Layout PCB :

Dari layout PCB diatas kalian bisa lihat bahwa ukuran design PCB yang saya buat hanya berukuran 3.2cm saja yang dimana ini sengaja saya buat agar ukuran nya sesuai dan pas dengan ukuran pcb kamera TTL yang akan saya pakai nantinya. sehingga saat memasang kamera TTL nya, ukuran pcb kedua nya menjadi sangat serasi dilihat.

Baca juga  Panjerino Ukuran Mini

 

Coding Arduino :

Untuk kalian yang memerlukan coding project ini bisa melihat baris coding berikut ini. Ini adalah coding sederhana yang digunakan untuk dapat mengambil gambar kamera lalu menyimpan nya di memory card dan langsung mengirimkan nya ke pengguna melalui aplikasi chatting telegram.

Agar coding ini dapat berfungsi normal, kalian harus melengkapi dulu library dan tipe board yang ada pada software arduino. Karena software arduino standar tidak menyertakan tipe board nodemcu atau ESP8266 dan teman teman nya.

 

Baca juga  Detektor Gas Bocor Dengan SMS

Download :

Nah kalau yang mau download langsung file project saya ini kalian bisa download di tombol berikut ini nih.

Skematik Eagle

Layout PCB Eagle

Coding Arduino

 

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Download Skematik Kontroll Android
views 2666
Kontrol nyala lampu dengan menggunakan perangkat android. Beberapa kali saya sudah pernah membuatnya dengan beberapa kali revisi. dan juga video demo ...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Project IoT ESP8266 ESP12E

Project yang ada di artikel ini sepenuh nya dicetak pada https://pcbway.com Nah kalau ngomongin project …

Tinggalkan Balasan