Berita Terbaru
Beranda » Tutorial » Membuat Aplikasi Android Hello Wolrd

Membuat Aplikasi Android Hello Wolrd

Membuat aplikasi android itu susah? tidak juga. Jangan terlalu memikir ini itu, lakukan saja dan internet akan membimbingmu :D. Saya sendiri mengenal dengan aplikasi android atau membuat aplikasi android pertama kali adalah di masa Kuliah (walau sekarang masih kuliah :D). Saya membuat aplikasi android pertama saya di sebuah program java developer yang namanya Eclipse. Disana dulu kesan pertama adalah keren banget, banyak icon icon dan tombol yang keren dan sampe sekarang masih bingung fungsinya apa aja karena saya memang ga tau. Dan pada saat update android sdk selalu gagal, lama update berhari hari karena internet lambat ujung ujung nya gagal.

Sekarang saya membuat aplikasi android engan menggunakan RAD Studio XE5. Berbasis bahasa pemrograman delphi kita dapat membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat diterapkan di dua sistem operasi mobile sekaligus, yaitu android dan iOS. oke langsung saja.

Dalam membuat aplikasi hello world pertama tama kita harus membuat new project dahulu. Pilih file> new> FireMonkey Mobile Aplication. Maka akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa template mobile. Disini saya memilih template yang pertama, yaitu template yang masih kosong.

Setelah di pilih template nya maka akan terlihat tampilan design dari sebuah handphone. design ini kamu bisa pilih pada pojok kanan atas, mau iphone, samsung, ataupun google nexus tergantung kesukaan kamu. Kalau saya disini memilih nexus 4. Karena saya akan menampilkan pesan hello world saat tombol ditekan maka saya akan menambahkan button dan label. Button saya gunakan untuk ditekan nanti akan tampil tulisan, sedangkan label akan saya gunakan untuk menampilkan pesan hello world nantinya saat tombol ditekan.

Baca juga  Monitoring Nyala Lampu

andr

Setelah terdapat Tombol dan label maka klik tombol yang pertama, kebetulan disini saya kasi tulisan tampil maka pada tombol tampil itu setelah di klik dua kali akan saya isikan coding :

tulisan.Text:='HELLO WORLD';

Coding itu artinya pada label “tulisan” akan diisi dengan tulisan HELLO WORLD saat tombol tersebut ditekan, sedangkan pada tombol hilang akan saya isi coding :

tulisan.Text:='';

Nah sedangkan coding diatas tersebut artinya pada label “tulisan” akan diisi karakter kosong saat tombol hilang ditekan.

Nah bagaimana cara tes program tersebut? langsung aja kamu compile program tersebut dengan menekan tombol F9 maka hasil compile debuging nya akan menghasilkan sebuah file apk yang dapat kamu instal di hape android kamu. silahkan lihat tutorial lengkapnya di video saya dibawah ini.

 

 

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Jual Kontroler Jam Sholat Wireless Android

Bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri udah deket nih. Kontroler jam sholat banyak yang …

Satu Komentar

  1. Softwarenya free ato berbayar gan?? Link downloadnya donk.. Thx

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.