Effect asap sering kali kita temukan di setiap pertunjukkan panggung, baik itu pergelaran musik hingga drama. Biasanya dalam dunia film di tv juga tidak jarang kita menemukan suatu adegan yang menampilkan banyak asap untuk menambah kesan dramatis atau angker di suatu adegan film horror. Ada yang tau darimana asap yang banyak itu berasal?

Dulu waktu saya kecil, saya berpikir, kenapa orang rela kena asap begitu banyak untuk mencari uang ya. padahal saya pas bakar sampah kena asap nya dikit aja, mata udah perih dan berair. Saya mengira kalai asap yang timbul di acara pergelaran atau di film film itu adalah berasal dari suatu benda yang dibakar sehingga menghasilkan asap yang begitu banyaknya.

Dan ternyata bukan, hal itu saya ketahui beberapa tahun lalu malahan. berawal dari saya iseng main ke tempat pengawetan ikan di pelabukan dekat rumah saya. disana ada orang yang mengawetkan ikan dengan diguyur oleh bongkahan es. Ya bongkahan es yang aneh. Saya katakan aneh karena banyak sekali saya melihat bongkahan es disana namun tidak sedikitpun saya melihat es itu mencair, padahal saat itu cuaca sedang panas nya. dan saat secuil es tersebut terjatuh ke air laut nampak air langsung terlihat seperti mendidih layaknya film laboratorium dan seperti lahar gunung yang disiram air, dia menimbulkan begitu banyak asap dari sebongkah kecil es tersebut.

Saya bertanya es apakah itu, itu adalah ES kering. untuk kamu yang baru pertama kali mendengarnya mungkin aneh. ya es itu memang kering. Jangan sekali kali mencoba untuk memegangnya secara langsung, kamu harus menggunakan sarung tangan kulit untuk aman memegangnya. Es kering ini memiliki suhu minus sampai -80 derajat celcius itu bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit bila langsung bersentuhan. Dikatakan es kering atau populernya adalah Dry es, karena es ini tidak mengalami proses pencairan melainkan langsung berubah dari benda padat menjadi gas atau menyublim kalau ga salah. kamu bisa mendapatkan es kering ini di tempat pengawetan daging atau ikan di kota kamu.

Baca juga  Mp3 Player Sebagai Sound Card PC

Nah jadi dengan mencelupkan sedikit saja es kering ini di air kamu bisa menciptakan effect asap panggung yang sangat menawan itu, apalagi kalau dihiasi dengan banyak lampu warna warni nya. coba deh kamu saksikan video saya dibawah ini.

Untuk referensi, 1kg es kering saya beli dengan harga Rp 20.000

Membuat Effect Asap Panggung

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.