Berita Terbaru
Beranda » Layout » Panjerubie – Membuat Arduino Sederhana

Panjerubie – Membuat Arduino Sederhana

Arduino kalau disini di kampus saya sudah dikenal sejak hampir lima tahun lalu. mungkin memang aga terlambat, karena arduino sudah ada jauh sebelum itu. dan semenjak itu saya juga sudah membuat beberapa versi arduino home made yang compatible dengan arduino uno seperti Panjerino misalnya. Nah karena kelebihan dari arduino yang sederhana untuk dipelajari dan banyak menyediakan contoh contoh coding di internet tentunya ini menjadi salah satu daftar jalan untuk awal mempelajari mikrokontroller.

Kalau kamu sempat search harga dari sebuah board arduino tentu saja ada beragam harga yang ditawarkan dari harga dibawah 200 ribu sampai 500 ribu tergantung cetakan dan jenis arduino nya. kalau kamu mendapatkan arduino dengan cetakan asli dari Italy maka kamu akan mendapatkan harga diatas 300 ribu. Namun jika kamu mendapatkan yang cetakan cina maka harga akan dibawah 200 ribu.

Sebenarnya kamu bisa mempunyai sebuah sistem arduino tanpa harus membeli board arduino nya, karena dengan mudah kamu bisa membuat arduino tersebut dengan berdasarkan skematik yang diberikan oleh arduino.cc serta file bootloader arduino tersebut. Saya sendiri membuat Panjerino berdasarkan skematik dasar dari sebuah arduino duemilanove.

Selain Panjerino sekarang saya sudah membuat sebuah sistem arduino baru yang biaya pembuatan nya jauh lebih murah lagi dibanding dengan arduino pada umumnya atau biaya pembuatan panjerino sekalipun. Namanya adalah Panjerubie.

Panjerubie adalah sebuah minimum sistem yang sudah terdapat bootloader dimana akan memungkinkan dalam satu ic dapat memprogram ic itu sendiri sehingga tidak diperlukannya sebuah alat downloader program. Kalau di arduino perlu adanya sebuah ic konversi USB to TTL seperti FTDI atau yang terbaru pakai atmega16 untuk mengupload program maka lain halnya di panjerubie ini. Karena menggunakan bootloader Usnoobie maka untuk dapat memprogram tidak diperlukan nya konverter tersebut.

Baca juga  Membuat Rangkaian Printer Antrian Sederhana

Minimum sistem mini yang fungsinya dapat melakukan segala hal seperti arduino selain komunikasi serial, untuk komunikasi serial ke komputer kamu perlu sebuah usb to ttl.

 

Nah Kalau dibawah ini adalah Foto dimana saya menggunakan Panjerubie untuk menyalakan sebuah panel led matrix ditambah dengan shield RTC led matrix.

Kedepan nya saya akan mencoba membuat beberapa tutorial di youtube dan web ini project project kecil sederhana agar dapat di ikuti oleh teman teman yang baru memulai untuk mempelajari mikrokontroller.

Download Skematik. (lagi proses)

Silahkan Cek video nya dibawah ini, kalau kamu mau membeli PCB nya saja atau yang sudah jadi silahkan SMS saya. Panjerubie ini produk dari duwiarsana.com

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

skematik buka pintu sidik jari

Sidik Jari Untuk Kunci Membuka Pintu

Alat Membuka Pintu Dengan Sidik Jari ini adalah pengembangan dari alat sebelum nya dengan judul …

3 komentar

  1. ikutan kuis dapet arduino uno gratis di duwiarsana.com

  2. Mas, ada coding panel led matrix dengan panjerubie dan rtc yg menampilkan jam?

  3. Mas bagi coding untuk jam di led panel yg dengan rtc shieldnya dong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.