Berita Terbaru

Membuat Stop Keran Otomatis

Stop keran otomatis? Mari kita membayangkan sebentar. mungkin sebelumnya kamu pernah melihat ada keran air yang tidak memeiliki knop pemutar untuk pembuka airnya, ya biasanya itu saya sering lihat di hotel hotel mewah. Atau yang paling lumrah disini serings aya lihat di Mcd atau KFC. Keran nya tidak ada tuas pemutar nya, tapi saat kita mendekatkan tangan kita ke mulut keran air begitu saja keluar disana. dan pada saat kita menjauhkan tangan kita airpun juga berhenti mengalir.

Mesin serupa yang memanfaatkan ada atau tidak nya tangan itu adalah pengering tangan otomatis yang biasanya juga ada di restoran cepat saji, sistem kerjanya hampir mirip hanya saja beban yang dinyalakan yang berbeda. Kedua alat tersebut mengetahui ada tidaknya tangan di dekat nya biasanyanya menggunakan bantuan sebuah pemancar infrard dan juga sebuah photo diode sebagai pembaca cahaya infrared. Untuk kamu yang bergelut di bidang robot line follower tentunya sudah paham dengan hal ini :) karena sensor yang paling sering dipakai sama persis dengan yang dijelaskan.

Sinar infrared yang dipancarkan saat tidak ada tangan dihadapannya tentunya akan terpancar jauh disana sehingga sensor infrared yang ada disebelahnya yang posisinya sejajar tentunya akan mendapatkan refleksi pantulan sinar infrared yang minimum. namun saat ada benda atau tangan di hadapan sensor dan pemancar itu maka nilai refleksi sinar infared yang di dapatkan oleh si sensor akan menjadi lebih banyak. Sinyal tersebut kemudian digunakan untuk mentrigger rangkaian penguat berikutnya yang selanjutnya menyalakan Relay. Relay berfungsu sebagai saklar elektrik.

Nah kalau kamu pernah cuci tangan di keran otomatis, kan ga ada suaranya tuh, berarti dia ga pake relay. mungkin aja dia pakai SCR sebagai pengganti rangkaian saklar elektriknya. jadi saat tangan kita dekatkan ke ujung keran yang di dalam nya ada sensornya maka dia akan menyalakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup aliran air.

Baca juga  Membuat Joule Thief untuk Free energy?

Alat tersebut sudah lumrah sekali digunakan. namanya adalah solenoid valve atau biasa juga disebut electric valve. solenoid valve paling sering dipakai pada mesincuci, karena berperan penting sekali dalam proses pengisian air kedalam bak pencuciannya.

nah, kalau kamu bisa membuat sensor seperti pada video saya dibawah ini tentunya kamu sudah pasti bisa membuat keran otomatis dengan menghubungkan bagian driver ke solenoid valve ini. Selamat mencoba dan oprek oprek terus yaa.

video ini dibuat saat toko saya masih bernama dewata elektronik. sekarang duwiarsana.com

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Terbang Melawan Angin Di Lapangan Renon Denpasar
views 2681
Jam terbang saya mulai tidak padat akhir akhir ini karena jam solder saya lebih padat :D. Beberapa minggu lalu mungkin kamera yang terpasang di quadco...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Pemenang Giveaway Oscilloscope Mini

Dan saat saat yang telah dinanti nantikan akhirnya datang. Pengumuman dari pemenang kuis giveaway untuk …

4 komentar

  1. mas kalo beli sensor asapnya sama konponen smd diman yah
    mohon bantuannya

  2. mas lo mau beli elektrik valve kira2 berapa harganya

Tinggalkan Balasan