Untuk kamu yang baru bermain di dunia mikrokontroller, tentunya hal pertama yang harus kamu miliki adalah sebuah download IC mikrokontroller yaitu sebuah alat yang biasa digunakan untuk memasukkan program yang telah dibuat dan di compile pada komputer ke IC mikrokontroller.

Ada banyak jenis downloader yang ada, salah satunya adalah USBASP seperti pada judul diatas “membuat USBASP”. Namun sebelum itu, beberapa tahun lalu saya pernah membuat sebuah downloader sederhana yang hanya terdiri dari beberapa transistor, diode, zener dan resistor dan untuk menggunakannya perlu adanya port Serial pada komputer. Nama downloader itu adalah JDM downloader.

Sekarang Downloader USBASP telah banyak yang menjualnya di toko elektronik, harganya pun beragam dari termurah hingga termahal, dan juga dari handmade sampai pabrikan. untuk kamu yang belum memiliki usb asp tentunya juga tidak usah membeli yang sudah ada jika kamu mau, karena itu bisa kamu buat sendiri. dibawah ini adalah schematic usbasp yang dapat kamu download langsung dan juga dapat kamu rakit sendiri, namun jika kamu malas untuk membuat pcb nya kamu bisa juga membeli kit usbasp dari duwiarsana.com dan dapat kamu rakit sendiri ataupun saya rakitkan. silahkan tengok beberapa dokumentasi dari USB ASP duwiarsana.com dibawah ini. Ingat kalo bikin sendiri setting juga fusebit nya ya.. 🙂

Download layout usbasp duwiarsana.com :

[wpdm_file id=28]

Download Source Code :

[wpdm_file id=29]

 

sumber : http://www.fischl.de/usbasp/
Membuat USBASP
Baca juga  Membuat Mesin Pemotong Styrofoam / Gabus