Membuat Thermometer Delphi

Back to Blog

Membuat Thermometer Delphi

Dalam aplikasi desktop juga ada beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk dapat sukses membuat sebuah aplikasi yang dapat berkomunikasi serial dengan perangkat keras yang dalam hal ini adalah sebuah mikrokontroler arduino yang sudah memiliki komunikasi serial dengan interface sebuah kabel usb serial.

Hal yang harus kamu pastikan adalah :

  • Pastiin dulu program delphi kamu sudah kamu instal component comport
  • Pastiin juga kalau component comport itu berjalan dengan baik dengan cara membuka sample project dari component comport tersebut
  • Nah kalau uda sekarang pastiin juga driver usb serial arduino yang kamu pakai terinstal dengan baik dan mengetahui port nya.

Component comport yang saya maksud disini adalah sebuah file tambahan yang harus di pasang dalam aplikasi delphi sehingga akan memungkinkan delphi atau aplikasi desktop yang kita buat pada software delphi dapat melakukan komunikasi serial dengan baik.

Delphi dengan instalasi standar biasanya ga isi component comport didalemnya, jadi kalau kamu merasa belum instal, diintsal atau dipasang dulu ya.

Karena aplikasi yang kita buat ini sederhana maka kita hanya perlu membuat satu buah form saja dan menambahkan component comport didalamnya. Kalau kita lihat lihat sample project dari component comport itu sendiri kita dapat mencuplik coding tersebut untuk kita gunakan menangkap data yang dikirimkan oleh mikrokontroler melalui komunikasi serial di kabel usb tadi. Data yang ditangkap tersebut kan masih berupa text, tulisan, string, nah di dalam coding aplikasi kita buat sebuah coding yang akan menampilkan text yang ditangkap itu ke form aplikasi kita, dalam hal ini saya pakai label biasa. jadi sederhananya kita cuma ngoper text yang diterima ke layar form aja kok hehehe.

Baca juga  Project IoT Suhu dan Kelembaban

Untuk coding lengkap dari arduino dan aplikasi yang sudah jadi kamu bisa download pada link dibawah ini, dan untuk yang masih bingung tentang seperti apa alat yang kita buat kamu bisa nonton sebentar video demo dibawah ini nih.

[sociallocker]

[button color=”blue” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/sh/4dnha1mh1er3q6a/AACwu537xk70z4rAUWka2NGGa?dl=0″ icon=”” target=”true”]Download Coding Arduino Kumplit[/button]

[button color=”purple ” size=”medium” link=”https://www.dropbox.com/s/e7zf0vgf0uieu6b/Thermometer%20Instal.exe?dl=0″ icon=”” target=”false”]Download Aplikasi Desktop[/button]

Setelah instal run as administrator ya biar ga error.

[/sociallocker]

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog