Untuk kamu yang bermain dengan mikrokontroller arduino tapi tidak mempunyai arduino tentunya kamu sudah tau kamu dapat membuat rangkaian secara simulasi seperti pada artikel yang sudah saya terangkan disini . Dengan library tersebut kamu bisa mensimulasikan program yang sudah kamu buat pada arduino ide untuk diterapkan secara simulasi pada software proteus.

Nah bagaimana cara memprogram arduino atau panjerino yanga ada dalam simulasi tersebut? apakah harus memasang kabel usb secara simulasi juga? tentunya tidak. kita hanya perlu memasukkan file hasil compilasi dari coding yang kita buat. yaitu berupa file hex yang tentunya dapat dengan mudah kita dapat tanpa harus mempunyai arduino juga.

Cara nya adalah kamu hanya perlu merubah sedikit pengaturan dari software arduino ide. yaitu pada file>preferences maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. kamu hanya perlu melakukan centang pada bagian compiling sperti pada gambar maka kamu akan mendapatkan lokasi file hex tersebut.

Kapan kita akan mendapatkan file hex tersebut? pada saat kamu mengcompile coding yang sudah kamu buat tadi. hasilnya dapatkamu lihat pada foto dibawah ini. copy dan pastekan pada simulasi panjerino mu di properties nya, atau file hex ini dapat kamu upload langsung pada mirkokontroller yang kosong dan berfungsi normal tanpa harus membeli panjerino. mudah bukan? tentunya untuk setingan fusebit harus disamakan dengan arduino aslinya yaitu external oscilator 16mhz.

Cara mendapatkan file Hex dari Arduino
Baca juga  Merakit Running Text Sederhana

3 gagasan untuk “Cara mendapatkan file Hex dari Arduino

  • 15 April 2014 pukul 08.54
    Permalink

    mas boleh di share untuk code Blink yang lengkapnya? saya baru untuk pemograman hardware ini. thanks sebelumnya

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.