Berita Terbaru
Beranda » Tutorial » Membuat Alarm Maling Sederhana

Membuat Alarm Maling Sederhana

Alarm maling, membuat sebuah alarm maling tidaklah terlalu sulit kalau hanya sekedar mengaktifkan suatu alat saat ada kejadian tertentu. Maling memang menjengkelkan, pengalaman pribadi saya adalah kehilangan uang 10jt dirumah sendiri yang dimana maling itu adalah orang yang ngekos dirumah. karena setelah kejadian kemalingan tersebut si yang ngekos hilang entah kemana.

Sebenarnya kejadian tersebut dapat saja kita hindari dengan selalu menjaga dan terjaga agar mengetahui siapa yang masuk tanpa ijin. Atau mungkin memasang kamera CCTV agar dapat merekam kejadian yang ada saat itu. Namun tentunya kita juga ingin terjaga atau bangun saat ada seseorang yang tidak kita kehendaki masuk kedalam ruangan.

Produk alarm maling sangatlah banyak, mulai dari pengaman pintu sampai pengaman berdasarkan pergerakan. Kalau yang saya tau, pengaman pintu dengan nada alarm banyak jang jual harga 5ribu biasanya dipasang di pintu dengan sistem kerja kalau pintu dibuka alarm bunyi, dan batery nya cepat sekali habis karena menggunakan battery kancing. Tapi bagaimana kalau maling nya masuk lewat genteng? kan ga buka pintu tuh. Nah untuk itu ada lagi nih alarm maling yang aktif berdasarkan pergerakan, jadi sitemnya kalau ada yang bergerak diruangan (saat diaktifkan) alarm akan bersuara keras. minus nya cuma harganya yang lumayan mahal.

Nah dalam tutorial kali ini saya ingin membuat sebuah alarm maling yang dapat mendeteksi pergerakan juga namun yang uniknya lagi suara alarm maling ini dapat kita isi sendiri sesuai dengan kehendak kita. seperti mungkin suara kita, suara tembakan, atau suara apapun dengan cara merekamnya langsung pertama kali.

Bahan Bahan yang dipergunakan :

  • Modul suara
  • Sensor PIR
Baca juga  Mengganti Mesin TV LCD / LED Universal

Selain dapat digunakan sebagai alarm maling, alat yang akan kita buat ini juga dapat kita gunakan sebagai detektor adanya orang masuk misalnya kita pasang di pintu masuk toko, sehingga saat ada orang yang masuk toko akan ada suara sapaan yang dapat kita rekam sendiri seperti tutorial yang sudah saya buat dibawah ini.

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube. Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Maestro Ogoh Ogoh, Kedux dan Marmar

Hari itu Senin tanggal 24 Februari Tahun 2020, di gedung Dharmanegara Alaya Lumintang. Saya bersama …

2 komentar

  1. maaf mas, di toko online mas ada tersedia semua alatnya tdk ya mas??
    soalnya pinging ngerakit jugak hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.