Membuat Thermometer Delphi

Back to Blog

Membuat Thermometer Delphi

Dengan kita mengetahui 10mV per derajat celcius, trus tegangan adc maksimum 5v dan nilai ADC 10bit (1024 step) maka ada beberapa rumus yang harus kita buat untuk mendapatkan nilai celcius tersebut.

Pertama tama kita baca dulu nih nilai adc yang keluar dari sensor suhu tersebut. Trus dari nilai adc tersebut dapat kita cari berapa millivolt yang keluar dari sensor suhu berdasarkan perbandingan nilai yang ada dengan tegangan maksimum dan nilai adc maksimum nya.

Kalau udah dapet tegangan yang keluar dengan satuan millivolt untuk mencari berapa derajat celcius jadi gampang deh. Tinggal kita bagi aja berapa millivolt yang keluar itu dengan datasheet tadi yaitu 10mV.

Setelah dapet nilai celcius tinggal kita kirim deh data tersebut ke serial monitor atau ke aplikasi delphi yang udah kalian download di halaman akhir project ini.

Kalau di serial monitor arduino kalian akan melihat deretan angka yang menunjukkan suhu yang sedang dibaca, sedangkan kalau dikirimkan ke serial tapi dibukanya di aplikasi maka yang tampil adalah angka suhu yang lebih besar dan lebih keren tentunya.

Nah ini screenshoot dari tampilan aplikasi desktop sederhana tersebut yang menampilkan angka besar dengan 2 buah tombol disamping yang dapat kamu gunakan untuk mengatur baudrate yang uda kita bahas tadi serta melakukan koneksi ke alat yang uda kita buat tadi. Tapi inget saat konek kamu harus pastiin kabel usb nya terpasang ya :D

Untitled-4

Coding untuk membaca nilai adc :

rawvoltage= analogRead(pinsensor);

Kalau coding untuk mengubah nilai adc yang terbaca ke satuan millivolt begini nih :

millivolts= (rawvoltage/1024.0) * 5000;

Nah abis itu ubah deh ke satuan derajat celcius seperti yang uda kita bahas dengan menggunakan rumus dibawah ini :

celsius= millivolts/10;

Nah dengan koding pamungkas diatas kamu udah bisa mengkonversi tegangan keluaran dari sebuah sensor suhu menjadi satuan derajat celcius yang tentunya dengan tambahan beberapa coding lagi untuk dapat berfungsi pada mikrokontroller. seperti koding untuk serial komunikasi, inisialisasi pin sensor yang dipasang pada mikrokontroler dan beberapa variabel untuk menampung data yang diproses tersebut agar dapat ditampilkan ataupun dikirim lewat serial nantinya.

Baca juga  Merakit Running Text Sederhana

Kalau coding ngirim data lewat serialnya gampang banget, cuma seperti ini nih :

Serial.print(celsius,1);

Coba kamu perhatikan coding diatas, ada angka satu setelah koma nya. Nah itu menandakan kita akan nyetak hanya 1 angka dibelakang koma. Jadi hasinya nanti adalah bilangan desimal dengan satu angka dibelakang koma.

Koding lengkapnya kamu bisa download dibagian akhir halaman dari project ini. Silahkan klik halaman berikutnya untuk penjelasan dibagian aplikasi desktop.

Share this post

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog