TV LED Gambar Hilang Sebagian

Back to Blog

TV LED Gambar Hilang Sebagian

Dateng lagi barang barang elektronik yang kondisinya sudah lumayan memprihatinkan.

Sebuah TV LED dengan merk TOSHIBA yang rusaknya adalah gambar pada layar tidak penuh. Ada beberapa bagian layar yang tidak mau menampilkan gambar.

Kalau dari catatan yang diberikan, TV ini rusak nya gambar ada blank hitam dibagian bawah.

Sebenarnya kalau ngomongin blank atau tidak muncul gambar dengan warna dominan hitam atau putih, itu sudah sangat biasa dan sering sekali terjadi pada TV LCD atau TV LED.

Penyebabnya bisa jadi banyak hal, bisa jadi karena layar yang memang mati akibat tidak ada tegangan, atau sinyal yang tidak ada ke layar lcd. atau memang hanya lampu backlight yang mati dan masih banyak lagi.

Namun kerusakan yang saya dapati sekarang ini adalah sebuah TV yang masih menyala dan bisa menampilkan gambar hanya saja tidak penuh pada layar, ada bagian yang tidak mampu menampilkan gambar dibagian bawah TV.

Jika kalian mendapatkan kasus seperti ini, jangan buru buru dibawa ke tempat service, baca dulu artikel ini siapa tau membantu :D

[ads1]

Oiya untuk informasi, beda tipe TV beda juga layar dan penanganan nya.

Nah setelah TV nya saya buka ternyata TV ini menggunakan display dengan IC kupingan samping atau IC COF yang ada di samping panel LCD. Jumlah IC nya ada 4 biji, dan pas sekali bagian LCD yang rusak ada sekitar 1/4 bagian dari keseluruhan layar LCD.

Kalau kalian mengikuti VLOG saya di youtube pastinya kalian mengerti apa kaitan IC COF dengan blank nya layar LCD.

Ya, hampir sebagian besar TV LCD LED yang layar nya menggunakan IC COF samping dan mengalami blank display atau tidak ada gambar atau sebagian gambar hilang bahkan gambar terlihat slowmotin, itu dikarenakan ada atau semua IC COF tidak bekerja.

[ads1]

Kenapa tidak bekerja? ya perangkat elektronik, alasan tidak bekerja paling sederhana adalah tidak adanya tegangan uda itu aja :D

Itu artinya jalur tegangan ke IC COF terakhir pada TV ini putus. Dimana jalur nya? jalurnya ada di dalam layar kaca LCD. (sudah dijelaskan di video) Nah kalau ditanya kenapa bisa putus, mungkin karena usia? atau ada beban yang melebihi kapasitas daya hantar maksimum dari jalur yang ada di kaca itu? ada banyak hal alasan nya. Yang jelas sekarang kita bertugas untuk menyambung jalur tegangan yang putus itu.

Sebelum kalian menyambung jalur yang putus, tentunya kalian pasti bingung, jalur mana yang putus?

Itu bisa kalian ketahui dengan mengupas plastik pelapis pad pad jumper yang sudah disediakan di sekeliling IC COF. IC yang menyala kalian ukur dan catat semua tegangan yang ada, lalu bandingkan dengan kondisi IC yang tidak berfungsi maka kalian bisa mengetahui jalur mana yang putus dari perbedaan tegangan yang sangat jauh.

Kalau saya sendiri mendapati tegangan supply ada pada gambar yang saya tunjukkan disini.

Nah itu adalah pin yang saya maksudkan, itu adalah tegangan VGH atau VON yang hilang di IC COF. Nah setelah disambung kalian bisa lihat hasilnya pada video VLOG berikut ini.

Share this post

Komentar anda

Back to Blog