Membuat Thermometer Digital – Multisegment

Back to Blog

Membuat Thermometer Digital – Multisegment

Kepingin membuat sesuatu yang nampilin angka? bisa aja volt meter? ampere meter? semua alat ukur? thermometer digital mungkin? Ada banyak alat sebenarnya yang display nilainya berupa angka angka saja, tidak harus berupa huruf. Seperti halnya thermometer, alat yang biasa kita dengar tapi mungkin jarang ada di rumah rumah pada umumnya.

Thermometer sebenarnya saya bilang sangat keren kalo ada dikamarmu, kamu bisa bilang “eh panes banget ya sekarang, tu liat di thermometer suhu nya segitu” kayaknya keren banget kalo kamu tau suhu ruangan saat itu. Apalagi kalo thermometer kamu dirakit sendiri dan menyala terang. Nah disini saya akan share project thermometer digital saya yang dibuat menggunakan kit multisegment dari duwiarsana.com

Kit ini sangat multiguna, kamu selain nanti bisa menampilkan suhu seperti thermometer, kamu juga bisa menggunakan nya sebagai volt meter, timer, count down atau up timer, bahkan jam digital dengan alarm bila perlu. Masak bisa? tentunya bisa asal kita program aja sesuai kehendak. Nah untuk membuat thermometer ini kamu perlu mempunyai sebuah kit multi segment ini dan sebuah atmega8 yang kosong. Trus bagaimana kalau ga punya? Kamu bisa buat sendiri PCB multi segment kamu dengan cara download skematik yang udah saya lihat pada artikel “Kit MultiSegment – seven segment multi fungsi”

Dalam skematik tersebut tipe dari seven segment yang digunakan adalah Common Anoda, silahkan kamu rakit dulu bisa di breadboard atau pcb lubang. Setelah itu siapkan sebuah atmega8 dan sebuah downloader untuk atmega8 nya. dibawah ini kamu bisa download firmware dari thermometer sederhana saya.

Download Firmware Atmega8

Setting Fusebit :

  • low_fuses=0xe4
  • high_fuses=0xc2
Baca juga  How to Make a Big Seven Segment

Harga Kit multisegment :

Rp. 120.000

Nah karena pada rangkaian ini saya tidak menggunakan external clock, ingat untuk men set settingan fusebit sesuai dengan yang saya tulis diatas ya, karena clock nya berjalan di 8mhz internal. silahkan lihat hasilnya pada video saya dibawah ini.

Share this post

Comment (1)

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Blog