Lusa lalu teman saya si mely kerumah bawain tv LCD nya yang rusak, malem malem nih si mely bawainnya ke rumah. Pas tak idupin ternyata layarnya ga isi gambar 1/3 nya. Tunggu beberapa saat eh malah 2/3 layar LCD nya ga ada gambar. Jadi 1/3 LCD aja yang ada gambarnya sisanya adalah garis yang konstan tanpa menampilkan gambar apapun. Ga enak banget tuh cuma bisa nonton layarnya 1/3 aja yang bisa dilihat hehehe.

Pas saya nyalain tv nya bener aja tuh gambarnya hilang beberapa bagian digantiin sama garis garis ga jelas :D. Langsung aja saya bongkar pas temen saya uda pulang. Baut nya cuma dikit dibelakang, ditambah dengan beberapa kuncian casing di setiap sisi tv nya. Setelah dibuka ternyata hanya dua blok mesin utama yaitu bagian regulator untuk supply tegangan serta bagian main board unit yang sekaligus juga blok tv itu sendiri. Blok regulator tergabung menjadi satu dengan blok inverter backlight LCD.

Karena yang bermasalah adalah panel LCD nya langsung aja bongkar dulu semua mesin pisahkan dengan lcd nya. nah, di panel lcd kan ada mesin tuh dibagian atasnya, coba kamu lepasin dan lipat keatas mesin nya. karena mesin itu direkatkan sama isolasi doubel tape atau sejenis lem lainnya jadi kamu harus pelan pelan ngelepasinnya ya biar PCB nya ga patah atau flexyble nya rusak. buka seperti pada gambar dibawah ini nih.

[tie_slideshow]

[tie_slide] Tampilan Rusaknya Bergaris |  [/tie_slide]

[tie_slide] Mesin Pada Panel LCD | [/tie_slide]
[/tie_slideshow]

Nah setelah kamu lepas lalu lipat mesin itu keatas (hati hati robek) nanti kamu akan lihat ada 3 buah flexyble yang terhubung ke panel kan? Coba kamu perhatiin foto kerusakan nya diatas, gambarnya rusak 1/3 dari layar tv nya. Ini tentunya cocok dilihat dengan adanya 3 kabel flexyble yang terhubung. Artinya proses scanning penampilan gambar pada layar tv lcd itu dibagi menjadi 3 bagian. Dan sisi mana yang rusak maka kita hanya perlu konsentrasi pada bagian flexyble yang layarnya rusak itu. dalam kasus ini adalah bagian kiri dari depan. (entah kenapa selalu bagian kiri).

Baca juga  TV LED Panasonic Mati Total

Di flexible kamu akan lihat ada sesuatu yang memanjang dan berwana hitam, ya itu namanya IC COF. sebuah IC yang berfungsi untuk mengkonversi sinyal yang dikirim dari mesin panel menuju panel LCD dengan proses scanning. sehingga tentunya kalau flexyble terlihat masih bagus tapi layarnya tetap menampilkan masalah, kamu bisa curiga terjadi kerusakan sama ic ini nih. rusaknya kenapa? meledak? hangus? atau apa?

Ngga, ternyata kerusakan yang paling sering adalah lepasnya jalur yang ada pada flexyble ke ic tersebut. Cara memperbaikinya sangat mudah sekali. pertama tama nih kalau saya ambil cairan flux dulu dan di olesin di ic yang mau kita benerin tadi. dikit aja cukup. Trus panasin solder ya. Perlu diperhatikan karena ic ini sangat rapuh kita perlu extra hati hati saat akan memperbaikinya. Solder kamu udah panas? langsung saja panasin ic itu pakai solder kamu tapi ingat jangan terlalu ditekan. Proses ini bertujuan biar jalur yang putus putus tadi nyambung dan data ke panel jadi terkirim normal deh.

Sekarang coba kamu rakit lagi mesin nya dan coba nyalakan dulu tanpa casing, apakah sudah normal? saya sendiri saat pertama kali nyoba ga berhasil karena hanya memanaskannya sebentar aja takut rusak ic nya. tapi karena penasaran saya panaskan aga lebih lama dari percobaan sebelumnya lalu cringgg.. layar lcd nya sudah normal kembali seperti pada gambar dibawah ini.

Kamu bisa praktekkan ini pada tv lcd yang rusaknya sama tapi ingat, bisa saja beda merk tv dengan kerusakan yang sama memerlukan penanganan yang berbeda. Jadi kamu harus memastikannya terlebih dahulu ya.

[tie_slideshow]

[tie_slide] IC COF Yang Akan Disolder |  [/tie_slide]

Baca juga  USB OVER CURRENT, Cara Memperbaikinya

[tie_slide] Pengujian Sementara Berhasil |  [/tie_slide]

[tie_slide] Tes Siaran TV Sudah OK |  [/tie_slide]

[/tie_slideshow]

Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris

22 gagasan untuk “Memperbaiki TV LCD Rusak Bergaris

  • 23 Juli 2015 pukul 18.14
    Permalink

    Sbg tambahan, yg ada 3 kabel flex itu namanya board T-con (Timing-controller), jmlh kbel glex tidak selalu 3. Kadang ada yg dua atau satu. Di atas kabel flex jg biasanya di pasang chip, yg brnama cof (chip on flex), dan kbanyakan krusakan spt kasus di atas ada di chip cof nya ini. Salam

    Balas
    • 23 Juli 2015 pukul 18.45
      Permalink

      terima kasih informasinya mas sangat menambah informasi saya. ini kebetulan dapat yang 3. mohon info apakah yang garisnya horisontal juga berpeluang kerusakan di COF nya mas?

      Balas
  • 24 Juli 2015 pukul 21.04
    Permalink

    cof nya Di panasin ,jangan terlalu lama

    Balas
  • 29 November 2015 pukul 14.27
    Permalink

    Tolong mas. Saya punya tv toshiba power tv tipe 24p2301vj 24″. Layarnya SEMUAnya item dgn garis2 vertikal dgn wrn RGB tp kek semut(semoga anda ngerti). Pernah dibawa ketukang serpis katanya tv kek gini ga kuat tahan panas dan musti ganti layarnya 900rebu -_-..
    Permasalahannya kira2 dimana ya?? Mohon bantuannya…

    Balas
    • 30 November 2015 pukul 03.09
      Permalink

      permasalahan nya sama seperti pada artikel ini. ada ic di bagian kabel flexyble ke panel. cuma dipanaskan saya nanti gambarnya bisa normal kembali

      Balas
  • 16 Maret 2016 pukul 10.02
    Permalink

    Hi Duwi Arsana, ada contact yang bisa saya hubungi? saya ingin paka jasa Anda.

    Balas
  • 17 Juli 2016 pukul 12.51
    Permalink

    Saya ada tv led samsung 32″ mengalami blank screen alias ada suara tpi ga ada gambar, jika di nyalakan yg muncul hanya layar warna ungu sedikit kehijauan setelah sy coba bongkar lampu led nya ga ada yg mati atau putus. Mohon pencerahan kira2 apa yg hrs lakukan bli…? Tks

    Balas
    • 9 Agustus 2016 pukul 01.18
      Permalink

      di ganti saja lampu yang mati itu mas dengan spesifikasi yang sama, biasanya pakai led yang bertegangan 3v 1 led nya

      Balas
  • 9 Agustus 2016 pukul 20.52
    Permalink

    Maaf saya mau ikut konsultasi,saya ada tv lcd merk Palladine problemnya suara normal tp gmbar ada cuma garis vertikal dan horizontalnya jg.goyang klo ga dipasang antene tulisan vol/angak ch acak2an..apanya tu gan mohon dibantu
    Trim’s sblomnya

    Balas
  • 7 September 2016 pukul 11.12
    Permalink

    Polytron sy type plm32t12 ada gambar sebentar trus pelan2 menghilang, dan muncul warna putih d tengah hampir stengah layar, suara normal, itu apax ya…makasih

    Balas
    • 15 Oktober 2016 pukul 15.46
      Permalink

      selain putih itu gambar nya ada? kalau putih bergaris biasanya sama seperti artikel ini. bermasalah pada ic cof nya. tapi kalau blank sisanya biasanya panel sudah short

      Balas
  • 17 September 2016 pukul 16.34
    Permalink

    Bli duwi arsana saya mau tanya
    Lcd tv saya layar habis di corat coret ponakan pakai cuter . Misal saya benerin layar lapis depan aja apa ada yg jual atau misal saya benahi pakai cairan yg bisa hilangin goresan pakai apa ya mas duwi . Lcd normal anyala hanya ada goresan goresan gtu. Mohon solusinya bli duwi trims

    Balas
    • 15 Oktober 2016 pukul 15.44
      Permalink

      kalau lapisan polarize nya udah dilepas tapi masih tampil bekas goresan nya biasanya ga bisa di hilangkan mas, karena uda kena lapisan kaca nya.

      Balas
  • 24 September 2016 pukul 21.56
    Permalink

    Malam mas dwi. Sya punya masalah dengan tv led samsung 32, awal menyala normal. Tapi 2 – 5 menit. Bagian atas layar bergaris warna warni. Kadang kayak gambar pause.berhubung saya jauh di gorontalo. Bantuin service jarak jauh brapa? Mohon dibantu..

    Balas
      • 4 Oktober 2016 pukul 12.01
        Permalink

        mas kl layar gelap separu di bagian atas lama kelamaan nyala tp bergaris mendatar itu apanya ya….mohon bantuanya terimakasih

        Balas
  • 23 November 2016 pukul 21.51
    Permalink

    tutornya sangat komplit semoga berhasil akan saya praktekan pada monitor LCD SAYA

    Balas

Komentar anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.