Berita Terbaru

Menyalakan Lampu Dengan Gerakan Tangan Part 2

Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelum nya dengan topik yang sama yaitu menyalakan lampu dengan gerakan tangan. Kalau kamu belum sempat belajar bagian pertama, kamu bisa masuk ke link berikut :

Link Part 1

Dalam part 2 ini kita akan belajar bagaimana rangkaian sebelum nya dan dengan program sebelum nya dengan sedikit modifikasi dapat kita gunakan untuk menyalakan sebuah lampu LED hanya dengan gerakan tangan.

Yang perlu kalian tambahkan disini adalah LED dan juga resistor sebagai pembatas arus. Jumlah LED yang bisa kalian pasang tergantung dari keinginan kalian, tapi karena disini saya akan mengendalikan 2 arah gerakan tangan maka saya hanya akan memasang 2 buah LED saja untuk ujicoba.

Nilai resistor yang digunakan pada LED bisa menggunakan 560 Ohm sampai 1k Ohm.

Untuk dapat merangkai arduino dan juga led nya kalian memerlukan sebuah breadboard atau bisa juga menggunakan protoshield seperti yang saya gunakan pada video di artikel ini.

Untuk coding yang perlu kita tambahkan pada list program sebelum nya adalah coding untuk menyalakan dan mematikan LED yang sudah kita pasang. Coding ini serupa dengan sample coding yang ada pada example code software arduino IDE itu sendiri.

Example code untuk program LED blink atau LED berkedip

Pada coding example diatas, baris coding yang berperan untuk menyalakan dan mematikan LED adalah baris coding yang mengandung kata digitalWrite.

Baca juga  Jam Digital Thermostat

Karena baris coding tersebut memiliki arti untuk menuliskan atau memberikan signal digital baik itu menyala atu didefinisikan dengan HIGH atau padam yang didefinisikan dengan signal LOW.

Lalu dimanakah akan kita letakkan perintah untuk menyalakan dan mematikan tersebut?

Tentunya sebelum meletakkan coding tersebut, pertama kita perlu menentukan pin LED yang akan kita pakai. Seperti pada example coding diatas yaitu int led =13; dengan disertai coding pinMode(led,OUTPUT) pada bagian void setup() itu artinya pin yang digunakan untuk mengubungkan led ada pada pin digital 13 arduino dan pin tersebut digunakan sebagai OUTPUT atau pin keluaran.

Setelah kita tentukan pin yang kita gunakan maka saat nya untuk menuliskan coding menyalakan dan mematikan pin led tersebut pada bagian coding yang akan mencetak karakter RIGHT, LEFT, UP dan DOWN tergantung dari gerakan yang akan kalian inginkan untuk menyalakan LED tersebut.

Berikut ini adalah list program lengkap nya dan kalian bisa langsung terapkan di arduino kalian.

Baca juga  Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Hasil Pencarian :

Jangan Lupa Cek Juga Artikel Di Bawah Ini
Membuat Alarm Maling Sederhana
views 10439
Alarm maling, membuat sebuah alarm maling tidaklah terlalu sulit kalau hanya sekedar mengaktifkan suatu alat saat ada kejadian tertentu. Maling memang...

Tentang Anak Agung Duwi Arsana

Seorang penulis blogger di duwiarsana.com dan duwiarsana.net yang juga memposting video kegiatan yang dilakukan melalui media YouTube.
Untuk saat ini saya belum bekerja, dan masih bekutat di seputaran hobi saya, yang selalu saya update pada blog dan YouTube.

Baca juga

Membuat Penyiram Tanaman Otomatis

Untuk seseorang yang suka berkebun tentunya menyiram tanaman adalah kegiatan yang wajib dan rutin harus …

Tinggalkan Balasan