Sparepart TV Lengkap Untuk Service? Bisa

Posted by: Anak Agung Duwi Arsana Category: Service Tags: , , , , , , , , , , , , , Comments: 0 Post Date: 5 November 2018

Sparepart TV Lengkap Untuk Service? Bisa

Yang namanya dunia service atau memperbaiki barang elektronik tentu aja ga jauh jauh dari yang namanya komponen atau sparepart yang dibutuhkan.

Nah saya sendiri juga walaupun sebagai hobi elektronika tetap saja kadang memerlukan komponen atau sparepart elektronik sesuai dengan apa yang sedang saya buat atau perbaiki saat itu.

Banyak dari teman teman yang bertanya untuk membeli komponen atau sparepart elektronik di saya. Sebagian besar teman teman beranggapan ditempat saya punya sparepart TV yang lengkap. Karena saya sering mengupload video tentang perbaikan TV dan tv nya bisa menyala kembali. Padahal beberapa tv yang saya perbaiki ada yang di vonis tidak bisa diperbaiki karena tidak ada nya sparepart, dan diharuskan untuk menggantinya dalam satu modul.

Sebenar nyya saya sama sekali tidak stok sparepart TV. Kadang saya hanya nyomot sparepart yang ada dari mainboard yang saya beli di pasar loak atau jika memang terpaksa sekali tidak ada kadang saya langsung import sparepart nya langsung dari china.

Kalau kalian pembaca artikel ini adalah seorang yang baru akan bergelut di dunia perbaikan elektronik dan akan menjadikan itu sebagai penghasilan, jika kalian menemukan kendala tidak adanya sparepart, itu masih bisa diatasi.

Beberapa kali saya sendiri mengalami kejadian ga ada sparepart saat memperbaiki TV LED dan LCD. dan semua nya saya akali dengan menggantinya dengan blok rangkaian lain tapi fungsinya sama dengan komponen yang rusak tadi. Cara ini cukup ampuh diterapkan di kondisi kepepet, hanya saja ukuran komponen nya menjadi berbeda dengan aslinya.

Seperti pada foto dibawah ini, IC regulator yang hangus berukuran kecil ini saya ganti dengan module regulator yang ukuran nya memang berkali kali lipat dari ukuran komponen yang rusak. Tapi dengan fungsi kerja yang sama akhirnya TV dapat menyala dengan normal walaupun komponen yang dipasang berbeda.

Seperti kasus lainnya TV dengan ukuran 75″ yang rusak dibagian mosfet P channel nya yang saya ganti dengan mosfet body berbeda. Mosfet DIP saya ganti dengan mosfet SMD. Banyak yang meragukan apakah itu bisa awet atau tidak. Sebenarnya itu bisa kita tau dari kemampuan dari kompone yang kita gunakan untuk mengganti.

Kapasitas dari komponen yang kita pakai untuk mengganti komponen rusak haruslah memiliki kapasitas minimal sama dengan aslinya. Kalau lebih besar itu lebih bagus lagi. Kapasitas disini misalnya dari segi ampere dan juga tegangan kerja nya.

Atau yang lebih extreme lagi sampai memodifikasi peralatan elektronik seperti yang saya lakukan pada video ini. Karena tidak adanya sparepart backlight tipe CFL jadi saya memodifikasi backlight nya menjadi LED.

Jadi sebenarnya alasan tidak ada sparepart itu bisa kita katakan hampir tidak ada. Karena dengan adanya cara lain seperti mengganti sparepart dengan komponen yang berbeda atau bahkan memodifikasi rangkaian, itu sudah bisa membuat kita merasa memiliki sparepart TV yang lengkap untuk service sesuai dengan judul yang saya tulis.

Kalian hanya perlu mengetahui datasheet dari komponen yang rusak, atau seminimal mungkin mengetahui rangkaian dasar dari blok yang sedang kalian perbaiki.

[ads1]

Oke untuk bonus, dibawah ini ada beberapa video yang saya buat yang berisi tentang perbaikan peralatan elektronik dengan cara memodifikasi atau mengganti komponen nya dengan tipe lain.

Share this post

Komentar anda