Beberapa bulan lalu saat saya berkunjung ke salah satu rumah temen di deket rumah, ada sebuah jam yang menarik perhatian saya. Jam tersebut banyak terdapat angka angka dari display seven segment dan setiap bagian nya memiliki waktu yang berbeda. Terdapat beberapa waktu yang saya kenal itu adalah waktu sholat yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya.

Karena saya memeluk agama Hindu saya waktu itu kurang mengerti tentang perubahan 5 waktu tersebut yang kata temen saya setiap minggu bisa berubah, dan saya tertarik untuk mengetahui apa hal yang berkaitan dengan perubahan tersebut. Akhirnya kita ngobrol temanya tentang jam yang baru aja saya liat itu. Sambil ngobrol temen saya nunjukin satu buah lembar jadwal sholat full untuk satu tahun. wah, ternyata bener jam dan menitnya berbeda. Kenapa ya bisa gitu? nah si temen ni jelasin bahwa itu tergantung dari posisi matahari, bulan, posisi kita berada dan ketinggian tempat kita berada.

Ngga bermaksud untuk lebih tau, berdasarkan cerita temen saya, saya search di google tentang metode penghitungan menentukan waktu sholat tersebut. Ternyata benar, dalam menentukan waktu sholat tersebut ada beberapa parameter penentu seperti tahun/bulan/hari, lintang bujur dan zona waktu kita berada hingga sudut fajar dan isya. Algoritma dalam perhitungan nya saya pelajari dari web ini : http://3adly.blogspot.com/2010/07/prayer-times-calculations-pure-c-code.html .

Dalam web tadi itu, perhitungan sudut, cos, sin, tangen, wah semua udah di konversi lengkap dalam aritmatika algoritma pemrograman bahasa C. Trus saya coba untuk tulis di mikrokontroller agar hasil perhitungan itu bisa ditampilkan dalam bentuk display. Nah waktu pertama kali saya mencoba untuk menampilkan pada seven segment. Saya perlu banyak sekali IC sift register untuk men-drive seven segment tersebut karena ada 5 waktu dikali dengan 4 digit seven segment ditambah lagi jam asli nya dan tanggal. Wuihhh ruwet dah waktu tu.

Baca juga  Menghubungkan ErulDuino Dengan Visual Basic.net

Percobaan pertama saya tes dengan tampil waktu, sukses. Lanjut diterapkan algoritma yang ada di web itu tuh, dan jreng !!! muncul waktu sholatnya. Saat itu saya cocokkan dengan jadwal print out yang ada ternyata ada salah satu waktu yang meleset hingga 1 jam. Setelah tanya ke beberapa temen saya yang muslim ternyata ada beberapa ketetapan dalam perhitungan waktu sholat. Nah langsung deh saya ikutin yang sesuai di indonesia. Sekarang waktunya beda cuma 1-2 menit aja. Saya berkesimpulan mungkin koordinat print out yang sudah ada itu berbeda dengan koordinat rumah saya yang membuat waktu nya beda.

Iseng iseng liat produk jam sholat yang sudah jadi ternyata lebih banyak produknya untuk waktu sholat disimpan dalam EEPROM external dan dipanggil satu persatu pada tanggal yang sudah ditentukan. Jadi waktu yang tampil bisa sama dengan lembaran printout jadwal yang ada. Wah saya pikir, ilmu saya belum sampai kesitu tuh. Sampai di level ini sudah beruntung. dan sampai sekarang jam sholat ni masih nyala di ruangan bengkel saya 😀

Kalau saya ada salah dalam penyebutan dan ada kekeliruan mohon teman teman untuk mengkoreksi biar nanti ga ada kesalah pahaman nih. 🙂 alat ini saya buat bertujuan untuk pembelajaran aja. Dokumentasi alat yang saya buat ada dibawah ini.

Membuat Jadwal Sholat Otomatis
Tag pada:                                                                                                        

28 gagasan untuk “Membuat Jadwal Sholat Otomatis

  • 16 April 2015 pukul 03.37
    Permalink

    Selamat siang pak. Boleh tanya.
    Kalo mau beli pcb berikut komponenkomponen jam digital waktusholat bisa tidak, dgn harga berapa?.
    Terimakasih banyak atas waktunya.

    Balas
  • 15 Mei 2015 pukul 14.14
    Permalink

    Mas spesification button battery yg dipakai apa ya mas? Voltase output sama mAh nya berapa ya? Kalau dipakai berapa lama tahannya? Thank you luar biasa 😀 mas..

    Balas
  • 22 Mei 2015 pukul 00.09
    Permalink

    mas dwi
    saya dari kemaren mau beli jam digital
    kok gak ada respon ya???

    saya dari medan mas
    0852 6142 4012
    thx mas..

    mohon konfirmasi a
    dan kontak yg bisa dihubungi

    Balas
    • 22 Mei 2015 pukul 01.05
      Permalink

      sudah di respon mas, yang sms ke 2 no hape saya itu kan? saya balas pakai 3 mas sms ke im3. trus saya balas pake im3 mas sms ke 3 saya gitu

      Balas
  • 27 Agustus 2015 pukul 15.27
    Permalink

    Mas Duwi, kalo alat jadinya harganya berapa ya sekalian ongkir ke batam?
    ni nomer saya yang bisa di hubungi mas..
    makasih..

    Balas
  • 2 September 2015 pukul 12.06
    Permalink

    seandainya bisa di modif khusus buat alarm sekolah, waktu masuk, istrahat , penggatian pelajaran dan pulang

    Balas
  • 15 November 2015 pukul 11.06
    Permalink

    bli pcbnya jual gak? berapa?

    Balas
  • 18 November 2015 pukul 23.10
    Permalink

    om bisa bikinin downloader atmega328p_pu buat saya,,,
    pake software bascom avr tapi buat ngoding programnya…
    alatnya pake 3 relay om

    Balas
  • 18 November 2015 pukul 23.12
    Permalink

    alatnya udah ada cuma bingung mau download koding ke micronya soalnya downloadernya gak ada om…..
    kemarin saya beli alatnya cuma lupa minta sama downloadernya om,,,,,

    Balas
  • 26 Desember 2015 pukul 19.38
    Permalink

    bli…mau tanya nih…..kalo kontroler TF-A2 dibikin jadwal sholat, itu modif nya dibagian apanya ??

    Balas
  • 13 Juni 2016 pukul 15.40
    Permalink

    salam kenal mas , kebetulan sy nemu blog ini, sy mau tanya nah kalau program mas yg diatas mau di tampilkan pake seven segment gimana caranya? terima kasih, kalau bisa sy beli modulnya sekalian ( PCB dan source code nya )

    Balas
  • 23 September 2016 pukul 22.09
    Permalink

    Mas, ada gak program running Text yang ada suaranya. Maksudnya bila kita ketik “jadwal” pada running Text tampil tulisan jadwal disertai suara “jadwal”. Atau dengan kata lain program membaca teks seperti yg kita ketik.

    Balas

Komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.