Cara Membuat Tulisan Berjalan Led Matrix -Duwi Arsana | Duwi Arsana

Cara Membuat Tulisan Berjalan Led Matrix

April 2nd, 2013 0 Comments

Tulisan berjalan atau led matrix sudah banyak banget yang pakai maupun jual di pasaran. Biasanya harganya udah mulai jutaan sampai puluhan juta. Tentunya kamu yang punya dana terbatas ingin membuat sendiri tulisan berjalan atau led matrix kamu sendiri. Seperti pada artikel saya sebelum nya “Update Tulisan Led Matrix Lewat Keyboard” disana dengan mudah saya dapat merubah tulisan pada led matrix hanya dengan bantuan keyboard. Namun sistem itu kurang bagus karena tidak bisanya kita mengubah animasi secara leluasa.

Dan atikel saya lainnya yaitu “Cara Mengunakan Software Led Matrix” pada artikel itu dengan mudah saya membuat tulisan berjalan dan menguploadnya ke kontroller dengan menggunakan usb. Tapi dari kesemua artikel tersebut tentunya kamu masih ada yang bingung bagaimana saya membuat atau merakit led matrix tersebut. sekarang saya akan menuliskan artikel tentang Cara membuat tulisan berjalan led matrix yang mudah dari awal. ok, langsung saja tanpa memperpanjang tulisan kita mulai.

  • Pertama tama kamu harus menyiapkan panel led matrix yang tentunya sudah kamu beli :)
  • Rangkai panel led matrix yag kamu punya sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. kalau saya disini menggunakan 2 buah panel ukuran 16×32 jadi total ukuran led matrix nya 16×64 dot.
  • Pasang kabel penghubung antar panel led matrix dan juga kabel yang untuk ke kontroller nya sesuai seperti gambar dibawah ini.

 

  • selanjutnya kamu harus menyiapkan sebuah kabel usb to rs232 konverter (kalau kamu pakai laptop) kalau kamu pakai PC kamu bisa abaikan ini, namun kamu harus tetap menyediakan sebuah kabel penghubung antara kabel konverter dengan led kontroller nya dengan konfigurasi seperti pada gambar dibawah ini.

  • setelah itu pasangkan kabel tersebut dan hubungkan kabel konverter ke laptop kamu. dan nyalakan program led matrix yaitu power led. maka kontroller akan di deteksi otomatis oleh software.

  • Setelah itu lakukan pengaturan panel dengan memilih panel setup seperti gambar dibawah ini. pilih tipe kontroller yang kamu pakai, color type, dan juga ukuran panel yang digunakan. Untuk scan type pilih yang untuk P10 normal karena panel yang saya gunakan adalah p10. setelah selesai tekan tombol setup.

  • Mulailah membuat animasi dengan menambahkan program baru dan juga animasi di dalam nya.
  • Jika sudah beberapa program kamu tambahkan, untuk menjalankan masing masing program secara bergiliran kamu harus melakukan pengaturan pada bagian properties. saya menggunakan timing selama 10 detik maka setelah 10 detik led matrix akan berganti ke program selanjutnya.
  • setelah oke tekan lah tombol send untuk mengirimnya ke led matrix dan lihatlah hasilnya.

2,908 total views, 17 views today

Share Button

Incoming search terms:

 

No Comment to “Cara Membuat Tulisan Berjalan Led Matrix”

  1. Comments are closed.

Facebook saya



Arsip

Kategori

Flag Counter
Menarik untuk dibacaclose